DIGITAL ELEVATION MODEL (DEM) ASTER UNTUK MENGHITUNG VOLUME LUMPUR LAPINDO

Authors

  • Muhammad Taufik
  • Khomsin Khomsin Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keywords:

DEM, ASTER, volume, lumpur Lapindo

Abstract

Peristiwa semburan lumpur panas di lokasi pengeboran PT. Lapindo Brantas di Desa Renokenongo, Kecamatan PorongKabupaten SidoarjoJawa Timur, terjadi sejak 27 Mei 2006. Hal ini menyebabkan tergenangnya kawasan permukiman, pertanian, perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya, dan mempengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur. Oleh karena semburan lumpur lapindo sampai sekarang belum bisa teratasi maka jumlah volume lumpur lapindo dari waktu ke waktu bertambah semakin besar. Hal ini memerlukan penanganan yang serius terkait dengan pembuangan lumpur. Untuk itu diperlukan suatu informasi yang cepat dan akurat tentang berapa jumlah volume semburan lumpur lapindo per hari

Salah satu teknologi yang digunakan untuk menghitung volume lumpur lapindo dari waktu ke waktu (time series) adalah teknologi penginderaan jauh (remote sensing) dengan memanfaatkan citra ASTER. Dengan citra ASTER, dapat diperoleh informasi secara visual, spasial, digital dan multi temporal dari waktu ke waktu sehingga monitoring dan evaluasi kondisi lingkungan wilayah genangan lumpur dapat dilakukan secara cepat. Hasil perhitungan volume melalui data citra ASTER tanggal 1 Juli 2006 dan 3 September 2006 menunjukkan bahwa volume semburan lumpur Lapindo pada kurun waktu tersebut adalah sebesar 145 ribu m3/hari

Author Biographies

Muhammad Taufik

Department of Geomatics Engineering

Khomsin Khomsin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Department of Geomatics Engineering

References

ASTER Science Team. 1996. ATBD for ASTER level-1 Data Processing ( ver 3.0 ). Earth Remote Sensing Data Analysis Center ( ERSDAC ). Japan.

Canada Center of Remote Sensing. Fundamental of Remote Sensing.http://www.ccrs.gov.au.

Danoedoro, P. 1996. PENGOLAHAN CITRA DIGITAL Teori dan Aplikasinya Dalam Bidang Penginderaan Jauh. Yogyakarta: Fakultas Geografi-UGM.

Jensen, J.R. 1986. Introductory Digital Image Processing: A Remote Sensing Perspective. Prentice Hall. Englewood Cliffs. New Jersey.

Kamp, U., Bolch, T., dan Olsenholler, J., 2003. DEM Generation From ASTER Satellite Data For Geomorphometric Analysis Of Cerro Sillajhuay Chile/Bolivia. ASPRS 2003 Annual Conference Proceedings May 2003 Anchorage: Alaska.

Lillesand, Thomas M. and Kiefer, Ralp W. 1994. Remote Sensing and Image Interpretation. John Wiley & Son, Inc. New York

Pratomo, D.G. 2008. Kajian Sistem Informasi Kelautan Berbasis Tiga Dimensi Untuk Pendukung Navigasi. Jurnal Geoid Vol. 3, No. 2, Februari 2008: 193-202 Surabaya : Teknik Geomatika ITS.

Purwadhi, Sri Hadiyanti. 2001. Interpretasi Citra Digital. Grasindo. Jakarta

_______, 2007. Sensor ASTER http://www.indomicrowave.com/ aster/ documents/ sensor_e.html Dikunjungi pada tanggal 30 Juni 2008, jam 18.00.

_______, 29 Juni 2008. Terra (Satellite). http://en.wikipedia.org/wiki/Terra_(satellite) Dikunjungi pada tanggal 2 Juli 2008, jam 12.30.

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles