MODEL ESTIMASI UPLIFT DAN SUBSIDENCE DARI HASIL UKURAN GPS MENGGUNAKAN METODE POLINOMIAL DI AREA LUMPUR SIDOARJO

Authors

  • Imam Yuli Bukhori Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Eko Yuli Handoko Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keywords:

Lumpur Panas Sidoarjo, GPS, Subsidence, Uplift

Abstract

Pada penelitian terdahulu oleh Abidin,dkk (2010) dijelaskan bahwa letusan gunung lumpur Sidoarjo telah memicu pergerakan tanah baik vertikal maupun horisontal, sehingga diadakan penelitian dengan menggunakan GPS untuk meneliti pergerakan tanah tersebut. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi subsidence sebesar 0,4 cm/hari hingga  4 cm/hari.


Pada penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan metode polinomial untuk menggambarkan bentuk uplift dan subsidence. Data yang digunakan adalah data pengamatan. Dalam penelitian ini dilakukan analisa data setiap kala dengan menggunakan analisa regresi linier dan polinomial orde dua dan tiga.


Dari hasil analisa tersebut didapatkan nilai penurunan tanah terbesar adalah sebesar -0,018 m yang berada di titik BT03 dan nilai kenaikan tanah terbesar adalah sebesar 0,012 m di titik 1304. Sedangkan nilai rata-rata penurunan tanah sebesar -0,012 m dan kenaikan tanah sebesar 0,006 m. Dengan menggunakan analisa korelasi dan determinasi, didapatkan rata-rata terbesar nilai korelasi dan determinasi terbesar pada regresi polinomial ordo 3 yaitu dengan nilai korelasi rata-rata sebesar 0,893 dan nilai determinasi sebesar 0,810. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa polinomial ordo 3 merupakan bentuk regresi yang paling sesuai untuk menggambarkan model estimasi uplift maupun subsidence.

Author Biographies

Imam Yuli Bukhori , Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Department of Geomatics Engineering

Eko Yuli Handoko, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Department of Geomatics Engineering

References

Abidin,H.Z., Andreas,H., Kusuma,M.A., Sumintadireja,P., Gumilar,I. 2010. Ground Displacements around LUSI Mud Volcano Indonesia as Inferred from GPS Surveys. FIG Congress : Sydney,Australia.

Abidin,H.Z., Davies, R. J., Kusuma,M.A., Andreas,H., Deguchi,T. 2008. Subsidence and uplift of Sidoarjo (East Java) due to the eruption of the Lusi mud volcano (2006–present).

Abidin,H.Z., Jones, A., Kahar, J. 1995. Survey dengan GPS. Jakarta:PT Pradnya Paramita.

Cahyono, A.E. 2010. Evaluasi Hasil Pemantauan Land Subsidence Di Area Sekitar Tanggul Lumpur Sidoarjo Dengan Teknologi SIG, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Geomatika, ITS.

Davies, R.J., Brumm,M., Manga,M., Rubiandini,R., Swarbrick,R., Tingay,M. 2008. The East Java mud volcano (2006 to present): An earthquake or drilling trigger?. : Earth and Planetary Science Letters.

http://eprints.undip.ac.id/4454/1/Argo_Mulyanto dikunjungi pada tanggal 23 Maret 2011 jam 10.00 WIB.

http://www.jakartawater.org/images/stories/waterlos dikunjungi pada tanggal 23 Maret 2011 jam 10.00 WIB.

http://www.penataanruang.net/taru/upload/nspk/pedoman/Pengendalian_PR_Kaw_RBBanjir dikunjungi pada tanggal 23 Maret 2011 jam 10.00 WIB.

Kurniawan,A. 2011. Evaluasi PenurunanMuka Tanah Di Wilayah Kota Surabaya Dari Pengamata Global Positioning System Dengan GAMIT/GLOBK. Program Studi Teknik Geomatika, ITS.

Kurniawan, D. 2008. Regresi Linier. Vienna, Austria: R Development Core Team.

Mazzini,A., Nermoen,A., Krotkiewski,M., Podladchikov,Y., Planke,S., Svensen,H. 2009. Strike-slip faulting as a trigger mechanism for overpressure release through piercement structures. Implications for the Lusi mud volcano, Indonesia :Earth and Planetary Science Letters.

Mazzini,A., Svensen,H., Akhmanov,G.G., Aloisi,G., Planke,S., Sorenssen,A.M., Istiadi,B. 2007. Triggering and dynamic evolution of the LUSI mud volcano, Indonesia :Earth and Planetary Science Letters.

Prawoko,A,A. 2008 Pemantauan Land Subsidance untuk Daerah Sekitar Semburan Lumpur Sidoarjo dengan Menggunakan GPS, Program Studi Teknik Geomatika, ITS.

Satrio dan Pratikno, B. Studi Air Tanah pada Area Semburan Lumpur Lapindo Sidoarjo Menggunakan Isotop Alam. Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi&BATAN.

Sembiring,R.K. 2003. Analisa Regresi Edisi Ke 2. Penerbit ITB:Bandung.

Suharyadi. 2006. Pengantar Geologi Teknik. Yogyakarta: Biro Penerbit Teknik Sipil Universitas Gajah Mada.

Sudarsono, U dan Sudjarwo, I.B. 2008. Aspek Geologi Teknik Lumpur Sidoarjo, Jawa Timur. Bandung : Pusat Lingkungan Geologi.

Verhoef,H.M.E, dan de Heus H,M. 1994. On The Estimation of Polynomial Breakpoints in The Subsidance of The Groningen Gasfield. Belanda.

Walpole,R.E. 1995. Pengantar Statistika Edisi Ke 3. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Widodo, A. 2007. Memahami Bencana Gunung Lumpur kasus Lumpur Sidoarjo. Surabaya: itspress.

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles