STUDI PENENTUAN DRAFT DAN LEBAR IDEAL KAPAL TERHADAP ALUR PELAYARAN (STUDI KASUS: ALUR PELAYARAN BARAT SURABAYA)

Authors

  • Putu Angga Bujana Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Yuwono Yuwono Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keywords:

APBS, Dermaga, Kapal, Navigasi

Abstract

Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) merupakanalurpelayaran yang menghubungkankapal-kapal yang akan berlabuh di PelabuhanTanjung Perak dariLaut Utara Jawa. Seringnya lalu lintas kapal di daerah ini memerlukan penelitian mengenai pasang surut, topografi dasar laut, serta bobot kapal yang melintas untuk memastikan kapal-kapal yang akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak aman dari kemungkinan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keselamatan navigasi kapal yang akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perakserta memberikan informasi mengenai draft dan lebar kapal yang ideal untuk melintas denga naman dalam keadaan tersurut di sepanjang Alur Pelayaran Barat Surabaya, serta kapal yang bias melintas dengan aman saat keadaan sarat muatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kapal yang memiliki lebar sampai 15 meter bisa melintas dengan draft maksimal 6,2 meter dan kapal yang memiliki lebar maksimal 30 meter, bisa melintas dengan draft sebesar 5,5 meter. Semua draft tersebut sudah dihitung sampai keadaan Low Water Spring, serta kapal dengan bobot terbesar yang bisa lewat saat sarat muatan adalah jenis Kapal Penumpang dengan bobot 15.000 GRT.

Author Biographies

Putu Angga Bujana, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Department of Geomatics Engineering

Yuwono Yuwono, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Department of Geomatics Engineering

References

Bujana, P. A., & Syahputra, R. A. 2013. Analisis Kesesuaian Dimensi Kapal Terhadap Kolam Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Surabaya: Jurusan Teknik Geomatika.

Hidayat, S. 2010. AnalisisHarmonikPasangSurutMenggunakanMetode Admiralty (StudiKasus: PelabuhanBeras, Bontang, KalimantanTimur). Bogor: InstitutPertanian Bogor.

Benyamin, A. J. 2009. Penentuan Chart Datum Dengan Menggunakan Komponen Pasut Untuk Penentuan Kedalaman Kolam Dermaga. Surabaya: Program Studi Teknik Geomatika.

Rachmayanti, I. A. 2009. Penentuan High Water Spring (HWS) Dengan Menggunakan Komponen Pasut Untuk Penentuan Elevasi Dermaga (Studi Kasus: Rencana Pelabuhan Teluk Lamong). Surabaya: Program Studi Teknik Geomatika.

Triatmodjo, B. 2009. Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Bujana, P. A. ., & Yuwono, Y. . (2024). STUDI PENENTUAN DRAFT DAN LEBAR IDEAL KAPAL TERHADAP ALUR PELAYARAN (STUDI KASUS: ALUR PELAYARAN BARAT SURABAYA). GEOID, 10(1), 59–64. Retrieved from https://journal.its.ac.id/index.php/geoid/article/view/1436

Issue

Section

Articles