Isi Artikel Utama

Abstrak

Pandemi covid-19 telah menyerang Indonesia selama lebih dari satu tahun. Pandemi covid-19 ini tidak hanya mengancam keselamatan nyawa masyarakat Indonesia secara langsung, tetapi juga menurunkan tingkat perekonomian di skala industri maupun skala rumah tangga, sehingga berdampak menaikkan angka pengangguran dan menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Dengan berkurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan termasuk di sektor maritim, lulusan Departemen Teknik Sistem Perkapalan (DTSP) ITS akan menemui tingkat persaingan yang lebih berat untuk dapat memperoleh pekerjaan di industri maritim. Untuk dapat memenangkan persaingan untuk memperoleh pekerjaan tersebut, kemampuan teknis yang tinggi sangat diperlukan. Salah satu kemampuan teknis yang dapat dikembangkan \textit{fresh graduate} DTSP dan menjadi unggulan dibanding pesaingnya adalah kemampuan untuk menganalisis performa dari sistem kelistrikan kapal. Selama ini, kemampuan tersebut telah diajarkan dalam perkuliahan, namun hanya secara manual dengan perhitungan perkiraan, karena keterbatasan waktu sesuai dengan jumlah SKS yang tersedia. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini direncakan pemberian pelatihan kepada fresh graduate DTSP untuk menganalisis kelistrikan kapal dengan lebih cepat dan akurat menggunakan bantuan perangkat lunak. Dengan mengikuti pelatihan ini, kemampuan unggulan fresh graduate DTSP akan semakin meningkat dibanding pesaing mereka untuk mendapat pekerjaan di industri maritim, sehingga memudahkan para fresh graduate DTSP untuk lebih cepat dan mudah dalam memperoleh pekerjaan di industri maritim.

Kata Kunci

Pelatihan Sistem Kelistrikan Kapal Pengaman Listrik Fresh Graduate Perangkat Lunak

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kurniawan, A., Prananda, J., Koenhardono, E., Sarwito, S., Kusuma, I. R., & Masroeri, A. A. (2022). Pelatihan Analisis Sistem Kelistrikan Kapal Menggunakan Perangkat Lunak untuk Fresh Graduate Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS. Sewagati, 6(2), 178–183. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i2.137

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama