Isi Artikel Utama

Abstrak

Teknologi inovasi pada bidang financial dimanfaatkan kurang optimal oleh beberapa lapisan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah program pemerintah dalam memperkenalkan sistem pembayaran cashless pada setiap transaksi, salah satunya contohnya adalah sistem pembayaran gate gerbang tol yang menggunakan electronic wallet (berbasis chip) yang bekerjasama dengan Bank. Masyarakat pengguna jalan tol dituntut untuk mampu beradaptasi dengan sistem pembayaran tersebut. Sistem pembayaran cashless (berbasis server) juga mampu merebut hati konsumen, aplikasi dompet elektronik yang diminati adalah OVO dan GoPay. Sistem cashless tersebut banyak dimanfaatkan pada proses pembayaran merchant food & beverage, tagihan listrik, pengisian pulsa, moda transportasi, dan lainnya. Perusahaan-perusahaan financial technology berlomba dalam memenangkan hati pelanggannya. Salah satu bentuk usaha adalah sistem keamanan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan. Dalam dunia bisnis, pertanyaan mendasar adalah mencari strategi yang sesuai agar perusahaan e-wallet mampu bersaing. Salah satu caranya adalah menguji faktor-faktor yang memengaruhi keputusan penggunaan e-wallet. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa didapatkan bahwa baik harga dan keamanan transaksi dalam e-wallet berpengaruh signifikan kurang dari 5% terhadap keputusan pembelian baik dari segi informasi yang didapatkan pengguna secara mandiri sebesar 3,9%, maupun pada proses pengambilan keputusan pembelian sebesar 0%.

Kata Kunci

Cashless Electronic Wallet Loyalitas Pelanggan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Noer, L. R. ., Handiwibowo, G. A. ., & Syairudin, B. . (2022). Analisis Loyalitas Pengguna Electronic Wallet Terhadap Kemanan Transaksi. Sewagati, 4(2), 88–94. Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/348

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama