Isi Artikel Utama

Abstrak

Saat ini UMKM terus bersaing dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satu upaya dalam memberikan pelayanan dilakukan menggunakan teknologi informasi. Sehingga saat ini teknologi informasi juga digunakan dalam kegiatan promosi hingga perhitungan keuntungan penjualan. Namun saat ini masih terdapat kurangnya pengetahuan pengelolaan teknologi informasi khususnya sosial media dalam pemanfaatannya untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Sehingga pada kegiatan pengabdian masyarakat ini akan mengukur keuntungan UMKM saat ini dengan menggunakan model sistem dinamik dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Ventana Simulation (Vensim), dan simulasi dilakukan untuk memvalidasi model yang telah dibangun. Hasil simulasi digunakan untuk menyusun skenario-skenario kebijakan yang dapat mendukung peningkatan penjualan di masa depan. Manfaat dari kegiatan ini termasuk terciptanya modul penggunaan teknologi untuk peningkatan penjualan serta strategi peningkatan penjualan berdasarkan model simulasi sistem dinamik. Dampak yang diharapkan adalah peningkatan penjualan melalui pemanfaatan teknologi sebagai alat bantu dalam mempercepat dan memperluas jangkauan konsumen, serta memberikan rekomendasi strategi yang efektif dalam meningkatkan penjualan bisnis Mysneakersby. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang signifikan yang mempengaruhi tingkat penjualan produk Mysneakersby, yaitu promo, harga produk, keragaman produk, dan pelayanan toko.

Kata Kunci

eCommerce Causal Loop Diagram Skenario Diagram UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suryani, E., Hendrawan, R. A., Viontita, S. C., Muhayat, H., Al-Aziz, F. N., Rafi, H., Mufliq, A., & Chandra, A. A. (2023). Peningkatan Penjualan Produk UMKM Mysneakersby melalui Platform E-Commerce dengan Pendekatan Sistem Dinamik. Sewagati, 7(5), 830–838. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i5.684

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2