Analisis Kinerja Aset Fasilitas Pasar Ulekan Berdasarkan Building Performance Assesment (Studi Kasus di Pasar Rakyat Pagarsih Kota Bandung)
Kata Kunci:
Kinerja Aset, Manajemen Aset, Manajemen Fasilitas, Pasar RakyatAbstrak
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kinerja bangunan Pasar Ulekan berdasarkan aset fasilitas menggunakan empat dimensi yaitu Functional, Technis, Satisfaction, dan Enviromental. Metode penelitain yang digunakan adalah eksploratori dengan pendekatan kualitataif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, populasi yang dikaji adalah pengguna dan pengunjung Pasar. Metode sampling yaitu nonprobability sampling dengan teknik yang dipilih adalah purposive sampling. Unit analisis kinerja aset bangunan Pasar. Hasil penelitian menunjukan permasalahan dimensi (1) functional yaitu kerusakan fisik bangunan, pengelompokan ruangan belum sesuai, kondisi aksesibilitas tidak baik, area parkiran tidak strategis, toilet kotor dan belum ada pemisah gender.(2) technis yaitu tidak ada alat kebakaran, keamanan cctv, papan petunjuk darurat, kabel berantakan.(3) satisfaction yaitu pencahayaan kios dan lorong belum cukup, peralatan dan perlengkapan melebihi kapasitas, tampilan pasar rusak dan tidak menarik. (4) enviromental yaitu sampah internal. Rekomendasi pemecahan masalah yang disarankan adalah perencanaan pengembangan aset fasilitas di Pasar Ulekan Pagarsih Kota Bandung.
