Isi Artikel Utama

Abstrak

Teknologi dalam menyelenggarakan bisnis digital dulu hanya dapat diterapkan oleh sebagian UKM karena biaya dan sumber daya manusia yang dibutuhkan cukup tinggi. Media sosial dan pasar digital memungkinkan UMKM untuk terlibat dalam bisnis digital dengan biaya yang terjangkau. UMKM membutuhkan dorongan dalam mendayagunakan teknologi ini. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan identifikasi sasaran pengabdian. Identifikasi dilakukan berdasarkan kecocokan masalah UMKM dengan kesiapan dalam mendayagunakan teknologi. Dua UMKM menjadi sasaran kegiatan, dengan produk utama adalah sapu dan sandal. Kedua UMKM memiliki sistem produksi yang baik namun katalog produk masih dapat ditingkatkan. Pemasaran dan layanan niaga digital masih belum maksimal dilakukan. Peningkatan layanan dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan pasar daring. Pengelolaan stok masih manual atau dibantu oleh aplikasi perkantoran. Pegawai admin banyak waktunya yang tersita untuk menghitung kondisi stok barang dan laporan penjualan. Penerapan software point of sale memudahkan UMKM dalam proses penjualan dan pengelolaan stok produk.

Kata Kunci

Digital Business Online Marketplace Customer Relationship Management

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hendrawan, R. A. ., Suryani, E. ., Er, M. ., Mudjahidin, & Aristio, A. P. . (2022). Penerapan Modul Penjualan Sistem ERP dan Pemasaran Daring pada UMKM UD. Sukri Dana Abadi dan Starlight Shop. Sewagati, 4(1), 50–55. Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/343

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2