Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengabdian masyarakat mengenai mutu batako lahar dingin dilakukan sebagai upaya peningkatan UMKM batako lahar dingin masyarakat disekitar Gunung Semeru. Permasalahan yang terjadi adalah pemilihan komposisi batako dan pemasarannya yang kurang baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka strategi yang dilakukan adalah dengan menambahkan filler dan zat aditif ke dalam batako untuk mendapatkan komposisi yang optimum. Filler dan zat aditif yang digunakan yaitu berupa abu bagasse, abu sekam padi, dan tempurung kelapa, alkasit, dan addibond. Sedangkan untuk membantu pemasaran batako lahar dingin dilakukan dengan pembuatan google business sehingga masyarakat dapat mengetahui lokasi pengrajin batako. Metode yang dilakukan yaitu pertama, persiapan rangkaian kegiatan pengabdian seperti survei lokasi, pelaksanaan kegiatan yaitu penentuan lokasi pengrajin, interview, penelitian batako, serta pembuatan google bussiness. Terakhir, sosialisasi mengenai hasil penelitian kepada masyarakat sekitar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah selesai terlaksana dengan baik dan mendapatkan antusiasme dari masyarakat.

Kata Kunci

Batako Gunung Semeru Google Business Lahar Dingin UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pratiwi, V. M., Purwaningsih, H., Dewi, T. V. K., Widyastuti, W., Fajarin, R., Nurahmi, L., Sutrisno, W., Trisanti, P. N., & Aristio, A. P. (2025). Peningkatan Mutu BATARU “Batako Lahar Dingin Gn. Semeru” sebagai Upaya Tindak Lanjut Permasalahan UMKM Batako di Lumajang dengan Penambahan Filler dan Zat Aditif Beserta Media Pemasarannya. Sewagati, 9(2), 277–288. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i2.1043

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>