Motivasi dan Preferensi Generasi Z di Bandung Timur terhadap Tempat Hangout: Pendekatan Grounded Theory
Main Article Content
Abstract
Era digital dan perkembangan teknologi memberikan kemudahan bagi generasi z dalam bersosialisasi dan menghabiskan waktu luang, termasuk dalam preferensi tempat hangout. Tidak dengan generasi z yang tinggal jauh dari pusat kota, seperti Bandung Timur, yang memiliki tantangan tersendiri terhadap preferensi tempat hangout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lokasi dan motivasi tempat hangout bagi generasi z yang tinggal di Wilayah Bandung Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian grounded theory. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner daring yang bersifat terbuka (open-ended). Analisis data dilakukan dengan analisis isi melalui tiga tahap, yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil analisis menunjukkan terdapat enam faktor yang mendorong preferensi generasi z memilih tempat hangout di pusat Kota Bandung, yaitu variasi fungsi, pengalaman, kelengkapan, kenyamanan, kualitas visual, keasrian, dan akses visual serta satu faktor sebagai motivasi yang memilih tempat hangout di daerah tempat tinggal, yaitu keterjangkauan. Temuan ini mengindikasikan bahwa perencanaan dan perancangan ruang publik harus memperhatikan keseimbangan antara fungsi, daya tarik, dan keterjangkauan agar dapat memenuhi kebutuhan seluruh generasi z, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari pusat kota.