PEMODELAN POLA ARUS LAUT PERMUKAAN DI PERAIRAN INDONESIA MENGGUNAKAN DATA SATELIT ALTIMETRI JASON-1

Authors

  • Rahma Widyastuti Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keywords:

Arus Laut Permukaan, Jason-1, MATLAB 8.0

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan.  Namun, luasnya perairan Indonesia yang kaya akan berbagai potensi ini tidak diimbangi dengan penelitian yang terkait dengan kondisi perairan Indonesia itu sendiri. Salah satunya adalah arus laut permukaan yang  merupakan gerakan massa air yang disebabkan oleh angin yang berhembus di permukaan laut pada kedalaman kurang dari 200 m  yang berpindah dari satu tempat yang bertekanan udara tinggi ke tempat lain yang bertekanan udara rendah  yang sangat luas dan terjadi pada seluruh lautan di dunia. Dengan adanya pengembangan dari sistem satelit altimetri Jason-1 yang beberapa diantaranya memiliki misi yakni penentuan kecepatan angin di atas permukaan laut dan penentuan karakterisik arus, sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk pembuatan  suatu model pola arus laut permukaan di perairan Indonesia yang disebabkan oleh adanya angin yang berhembus pada permukaan air laut yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga bermanfaat bagi penelitian-penelitian selanjutnya. Data dari satelit Altimetri Jason-1 diolah dengan menggunakan software MATLAB 8.0. Pemodelan pola arus laut ini dilakukan setiap cycle dalam kurun waktu tahun 2002-2009.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa pada kisaran bulan Desember – Februari arah pergerakan arus laut teratur dari barat menuju arah timur, begitu pula sebaliknya pada kisaran bulan Juni – Agustus arah pergerakan arus laut teratur dari timur menuju arah barat. Saat terjadi masa peralihan pergerakan angin yakni pada bulan Maret – Mei dan September – Nopember, arah pergerakan arus dalam 1 cycle cenderung terbagi menjadi dua arah yakni dari Asia menuju Australia dan dari Australia menuju Asia. Selama delapan tahun, wilayah perairan Indonesia yang di setiap cycle rata-rata memiliki arus kuat yakni di Laut Maluku dan Selat Karimata dengan kecepatan 800 cm/s hingga >1200 cm/s. Sedangkan daerah yang di setiap cycle rata-rata berarus lemah yakni di Laut Jawa, perairan selatan Pulau Jawa dan Laut Sulawesi dengan kisaran kecepatan arus laut kecil yakni sebesar 0 – 400 cm/s. Pada saat masa peralihan, pergerakan arus laut di perairan Indonesia tidak teratur dengan kecepatan berkisar antara 0-400 cm/s.

Author Biography

Rahma Widyastuti , Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Department of Geomatics Engineering

References

Abidin, H.Z. 2001. Geodesi Satelit. Jakarta: Pradnya Paramita.

Arhami, Desiani. 2005. Pemrograman MATLAB. Yogyakarta : Penerbit Perpustakaan Nasional

AVISO dan PODAAC. 2003. User Handbook IGDR and GDR Products edition 2.0. NASA dan CNES.

BAKOSURTANAL. 2006. Atlas Sumberdaya Kelautan. Bogor. BAKOSURTANAL

Benada, J.R. 1997. Physical Oceanography Distributed Active Archive Center PO.DAAC Merged GDR (JASON 1/Poseidon).

Budiyanto, Eko. 2005. Pemetaan Kontur dan Pemodelan Spasial 3 Dimensi Menggunakan Surfer. Yogyakarta : ANDI.

EKSPEDISI INSTANT. 2006. Menguak Arus Lintas Indonesia. Jakarta.

ESA dan CNES. 2009. Basic Radar Altimetry Toolbox v2.0 User Manual

GOOGLE EARTH. 2007. Track Indonesia from Altimetry Sattelitte.

Gross, M.G.1990.Oceanography : A View of Earth. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliff . New Jersey

Gunadi. 1999. Pemrosesan Topografi Muka Air Laut Dari Data Satelit Altimetri TOPEX/Poseidon. Bandung: Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan-ITB.

PODAAC,2004. URL:http://podaac.jpl.nasa.gov/cdrom/mgdrb/Document/HTML/uhsec07.htm Dikunjungi pada tanggal 9 September 2009, pukul 19.00 BBWI.

Poerbandono dan Eka Djunarsjah. 2005. Survei Hidrografi. Bandung: Refika Aditama.

Prijatna, Kosasih. 2007. Pemantauan Anomaly Tinggi Muka Laut Perairan Indonesia. Bandung : Jurusan Teknik Geodesi - ITB.

Rhamo, A. 2009. Pemodelan Topografi Muka Air Laut (Sea Surface Topography) Perairan Indonesia Dari Data Satelit Altimetri Jason-1 Menggunakan Software BRAT 2.0.0. Surabaya: Prodi Teknik Geomatika-ITS.

Stephen, Pond . 1983. Introductory Dynamical Oceanography.

Steward,R. 2005. Introduction to Physical Oceanography.Texas : M.University

Supangat.A,dkk. 2005. Studi Karakteristik Kecepatan Arus Laut Di perairan Indonesia pada Kedalaman dan Fenomena Iklim yang Berbeda . Jakarta. Departemen Kelautan dan Perikanan.

Tchernia. 1980. Descriptive Regional Oceanography. Oxford : Pergamon Press

Triatmodjo,B. 1999. Teknik Pantai. Yogyakarta : Beta Offset.

Weihaupt, J.G., 1979. Exploration of the Oceans . New York : McMillan Publishing Co. Inc.

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles