ANALISIS PERGESERAN AKIBAT GEMPA BUMI SUMATERA 11 APRIL 2012 MENGGUNAKAN METODE GPS CONTINUE (Studi Kasus : Samudera Hindia)

Authors

  • Meiriska Yusfania Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Mokhamad Nur Cahyadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Fahruddin Ulinnuha Ihsan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Keywords:

gempa bumi, deformasi, GPS, strike-slip faults

Abstract

Prinsip pemantauan deformasi secara kontinu yaitu pemantauan terhadap perubahan koordinat beberapa titik yang mewakili sebuah fenomena gempa bumi dari waktu ke waktu. Metode ini, menggunakan beberapa alat penerima sinyal GPS yang ditempatkan pada beberapa titik pantau pada area gempa bumi. Data dan informasi deformasi permukaan selanjutnya digunakan untuk mengungkapkan karakteristik dari aktivitas gempa bumi. Gejala deformasi gempa bumi akan menyebabkan pergeseran posisi suatu titik sekitar gempa. Pergeseran tersebut bisa terjadi baik secara horizontal maupun vertikal.Pada penelitian kali ini mengambil salah satu gempa yang terjadi pada bulan april tahun 2012 dengan  magnitude 8.6. Untuk melakukan analisis deformasi diperlukan menghitung vektor pergeseran dan nilai pergeseran yang mengacu pada titik-titik stasiun GPS Kontinyu Sumatran GPS Array (SUGAR) yang tersebar di lima stasiun yaitu BITI, BSIM, BTHL, LEWK, PBLI, dan NTUS. Analisis deformasi dilakukan dengan melihat pergeseran yang terjadi pada saat sebelum gempa, dan sesudah gempa. Setelah dilakukan pemrosesan dari kedua waktu tersebut didapatkan nilai perubahan 0,3 – 2,4 meter dari setiap stasiun terdekat dengan pusat gempa. Analisis karakteristik deformasi Gempa Sumatera 2012 ini tergolong fenomena Strike-slip faults yang merupakan potongan vertikal di mana blok sebagian besar telah pindah secara horizontal. Jika blok berlawanan pengamat bergerak ke kanan, gaya slip disebut right lateral jika blok bergerak ke kiri, gerakan ini disebut left lateral.

Author Biographies

Meiriska Yusfania , Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Department of Geomatics Engineering

Mokhamad Nur Cahyadi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Department of Geomatics Engineering

Fahruddin Ulinnuha Ihsan , Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Department of Geomatics Engineering

References

Abidin, H.Z. 2000. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. PT Pradnya Pramita, Jakarta. Cetakan kedua.

Andreas, H. 2007. Karakteristikdeformasi strain and stress. Prodi TeknikGeodesidanGeomatika ITB

Kouba J. and Heroux P.. 2001. GPS Precise Point Positioning Using IGS Orbit Products. GPS Solutions.

NASA, (7 April 2015), Earth Fact Sheet. Alamatsitus: http://nssdc.gsfc.nasa.gov/planetary/factsheet/earthfact.html.

Putra, Adi. 2012. Studi Kinerja Software On-Line PPP (PRECISE POINT POSITIONING) Dalam Pengolahan Data Survey GPS. Prodi Teknik Geodesi dan Geomatika ITB.

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles