Analisa Pendangkalan Jalur Pelayaran Menggunakan Pemodelan Hidrodinamika 3D (Studi Kasus : Perairan Pelabuhan PT Petrokimia Gresik)

Authors

  • Yoga Arif Rohman Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Danar Guruh Pratomo Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Khomsin Khomsin Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keywords:

Hidrodinamika Air Laut, Model Numerik, Pelabuhan PT Petrokimia Gresik, Sedimentasi, Transpor Sedimen

Abstract

PT Petrokimia Gresik memiliki fasilitas penunjang produktivitas berupa pelabuhan terminal untuk kepentingan sendiri. Pelabuhan tersebut diharapkan selalu dalam keadaan yang baik dan selalu aman untuk digunakan lalu lintas pelayaran kapal-kapal yang melewati. Namun, kinerja pelabuhan sangat tergantung dari kedalaman alur pelayaran dan kolam labuhnya. Salah satu dari penyebab terjadinya pendangkalan pada pelabuhan adalah adanya sedimentasi yang terjadi secara terusmenerus dan pengendapan di suatu lokasi. Pada saat terjadi surut material akan terkikis, sedangkan pada saat pasang akan terbawa material yang mengendap. Lokasi pelabuhan yang berada di selat dan muara sungai yang mengakibatkan kondisi topografi dengan elevasi yang rendah pada pesisir pantai dan pelabuhan yang dikhawatirkan mempengaruhi kegiatan bersandar kapal. Salah satu langkah yang digunakan untuk mengatasi pendangkalan yaitu dengan dilakukan proses pengerukan terhadap sedimen yang mengendap di daerah tersebut. Oleh sebab itu, agar proses pengerukan berjalan efektif diperlukan pengetahuan tentang hidrodinamika air laut dan transpor sedimen di daerah perairan tersebut. Simulasi model numerik dapat digunakan menjadi cara yang efisien dan ekonomis. Pada vi penelitian ini akan dilakukan pemodelan hidrodinamika secara numerik dengan menunjukkan gambaran tentang pola arus laut dan penyebaran sedimentasi di Perairan Pelabuhan PT Petrokimia Gresik dengan menggunakan perangkat lunak pemodelan hidrodinamika 3D. Berdasarkan hasil pemodelan dihasilkan mengalami pertambahan kedalaman sebesar 0,640 m dengan dominan 0,080 m serta mengalami rata-rata perubahan kedalaman sebesar 0,055 m dan memiliki kecepatan perubahan kedalaman hingga sebesar 0,030 m/hari dengan memiliki rata-rata kecepatan perubahan kedalaman sebesar 0,002 m/hari. Maka, jika diakumuluasikan dalam sebulan mendapatkan kecepatan perubahan kedalaman sebesar 0,060 m.

Author Biographies

Yoga Arif Rohman, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Departemen Teknik Geomatika

Danar Guruh Pratomo, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Departemen Teknik Geomatika

Khomsin Khomsin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Departemen Teknik Geomatika

References

Bappeda Jatim. 2013. “Kabupaten Gresik”. http://bappeda.jatimprov.go.id/bappeda/wpcontent/uploads/potensi-kabkota-2013/kab-gresik-2013.pdf. Diakses pada tanggal 22 Januari 2021.

Hutanti, Krisma. 2018. “Analisis Pola Sebaran Sedimen Untuk Mendukung Pemeliharaan Kedalaman Perairan

Pelabuhan Menggunakan Pemodelan Hidrodinamika 3D (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya)”.

Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Kurniawan, Yusak. 2016. Analisa Laju Sedimentasi di Area Jetty BP Tangguh. Tugas Akhir. Institut Teknologi Sepuluh

Nopember. Surabaya.

Pradana, Ramanda Aji. 2016. Pemodelan Aliran Material Sedimen Akibat Arus Pasang Surut Untuk Pemeliharaan

Kedalaman Perairan Pelabuhan (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjung PerakTeluk Lamong, Surabaya). Tugas Akhir.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Purnomo, S. N., Widiyanto, W., Pratiwi, T. P. dan Idham Riyando. Moe. 2015. “Analisis Sedimentasi di Pelabuhan

Pendaratan Ikan (PPI) Logending.” Dinamika Rekayasa 11 (1 Februari): 29–37.

Qomariyah, L., dan Yuwono. 2016.” Analisa Hubungan antara Pasang Surut Air Laut dengan Sedimentasi yang

Terbentuk”. Jurnal Teknik ITS.

Setiawan, Tito I. 2014. “Perencanaan Dermaga TUKS Baru PT. Petrokimia Gresik (Persero)”. Malang: Universitas

Brawijaya.

Smagorinsky, J. (1963): "General Circulation Experiments with the Primitive Equations, 1, The Basic Experiment", Mon.

Weather Rev., Vol. 91, pp. 90-164

Triatmodjo, Bambang. 1999. Teknik Pantai. Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta.

Widiastuti, Fransisika 2020. “Pemodelan Tramspor Sedimen Untuk Pemeliharan Kedalaman Pelabuhan (Studi Kasus:

Teluk Lamong, Surabaya)”. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Rohman, Y. A. ., Pratomo, D. G. ., & Khomsin, K. . (2024). Analisa Pendangkalan Jalur Pelayaran Menggunakan Pemodelan Hidrodinamika 3D (Studi Kasus : Perairan Pelabuhan PT Petrokimia Gresik). GEOID, 17(1), 119–132. Retrieved from https://journal.its.ac.id/index.php/geoid/article/view/1716

Issue

Section

Articles