Analisis Keberhasilan Hijab Indonesia: Strategi Marketing Buttonscarves Dalam Ekspansi Pasar Di Malaysia

Authors

  • Rugaya Assegaf Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.12962/j22759970.v3i1.584

Keywords:

Buttonscarves, Digital Marketing, Fashion Halal, Malaysia.

Abstract

Hijab sebagai salah satu fashion halal yang dibutuhkan oleh para Muslimah mendatangkan berbagai pelaku usaha fashion halal menghadirkan berbagai brand fashion halal. Sebagaimana yang dilakukan oleh Linda Anggreaningsih melalui brand fashion halalnya yaitu buttonscarves. Buttonscarves dengan berbagai ciri khas dan kualitas tingginya mampu menarik minat para konsumen baik domestik maupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura, serta Brunei Darussalam. Malaysia sebagai salah satu negara yang tingkat permintaan terhadap produk buttonscarves tinggi. Selain kualitas dan ciri khasnya yang dapat memikat minat masyarakat Malaysia, tentunya terdapat beberapa strategi yang mampu membawa keberhasilan bagi buttonscarves untuk menembus pasar Malaysia. Di era teknologi atau globalisasi ini strategi digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat dikatakan ampuh untuk membawa keberhasilan buttonscarves untuk ekspansinya di negara Malaysia. Dalam penulisan artikel jurnal ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen studi literatur seperti e-book, e-journal, berita – berita online, serta berbagai situs online seperti media sosial, web.

References

State of the Global Islamic Economy: Driving The Islamic Economy Revolution 4.0. (2019/2020). Diakses: 2 Februari 2023. [Online]. Tersedia: https://cdn.salaamgateway.com/special-coverage/sgie19-20/full-report.pdf.

Oktoviana Banda Saputri, “Pemetaan Potensi Indonesia Sebagai Pusat Industri Halal Dunia”, Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Volume 5, No. 2, 2020 (23-38). Diakses: 27 Januari 2023. [Online]. Tersedia: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/article/view/5127/4010.

H. Widianingtyas “Kumparan.com” Diakses: 27 Januari 2023. [Online]. https://kumparan.com/millennial/cerita-linda-anggrea-bangun-ButtonScarves-kini-punya-25-toko-sampai-malaysia-1veX5fcTHSZ/1.

J. Moleong, Lexy. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Kanya Azalea Hidayat, Erni Martini, “Pengaruh Social Media Marketing Pada Customer Engagement Dan Dampaknya Terhadap Brand Loyalty Di ButtonScarves”. Jurnal Mitra Manajemen, Vol. 4, No. 5, Mei (2020) 679-691.

Mutia Arda , Yudha Andriansyah Putra , Dewi Andriany, “Pengaruh Media Sosial Dan Lingkungan Toko Terhadap Keputusan Berkunjung Konsumen ButtonScarves”. Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah. Vol.3, No.1, 2022 (592-599). Diakses: 11 Januari 2023. [Online]. Tersedia: https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/semnas/article/view/5235/3844.

Moh Farid Najib, Tia Fauziah, Tjetjep Djatnika , Deddy Saefuloh, Dewi Purnamasari, “Dampak Nilai Utilitarian dan Hedonis dalam Pembelian Hijab Niat: Bukti dari Indonesia”. Journal of Marketing Innovation, Vol. 2, Edisi. 2 (2022) 70-84.

Febri Rakhmawati Arsj, “Analisis Maraknya Hijab ButtonScarves”, Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, Vol 5, No. 2, 2022. Diakses: 11 Januari 2023. [Online]. Tersedia: http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/1292/635.

I Kadek Agus Dwiandika, “Analisis Vidio Likes to Followers Ratio Instagram Pada 5 Brand Fashion Lokal Yang Mendunia”. Diakses: 11 Januari 2023. [Online]. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/zwsfv .

Nida Elfiyanti, “Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab ButtonScarves (Studi Kasus Konsumen Butik Diranda Kota Jambi)”, Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.

Clara Ermaningsihastuti, “ButtonScarves Resmi Buka Gerai Internasional Pertama di Malaysia”, Diakses: 11 Januari 2023. [Online]. Tersedia: https://www.marketeers.com/ButtonScarves-resmi-buka-gerai-internasional-pertama-di-malaysia/.

“Strategi ButtonScarves Menembus Pasar Internasional”, Diakses: 12 Januari 2021. [Online]. Tersedia: https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-ButtonScarves-menembus-pasar-internasional/.

www.ButtonScarves.com. Diakses: 11 Januari 2023.

https://instagram.com/ButtonScarves?igshid=YmMyMTA2M2Y=. Diakses: 10 Januari 2023.

Downloads

Published

2023-02-22

How to Cite

[1]
R. . Assegaf, “Analisis Keberhasilan Hijab Indonesia: Strategi Marketing Buttonscarves Dalam Ekspansi Pasar Di Malaysia”, hr, vol. 3, no. 1, pp. 30–37, Feb. 2023.