Pengaruh Visualisasi Foto OOTD (Outfit of The Day) Selebgram Sebagai Strategi Promosi Produk Fashion Terhadap Persepsi Wanita

Authors

  • Ekariana Fitrina Irawan ITS
  • Asep Ramdhan ITS

Keywords:

fashion, pemasaran digital, persepsi konsumen, selebgram, digital marketing, consumer perception, celebrity endorser

Abstract

Instagram adalah media sosial yang populer digunakan sebagai media promosi online dalam pemasaran digital, khususnya untuk produk fashion. Belanja online sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat perkotaan terutama bagi generasi muda, khususnya wanita. Salah satu yang sedang menjadi tren dan dinilai paling menarik bagi konsumen wanita adalah visualisasi foto OOTD (outfit of the day) seorang selebgram yang mempromosikan produk fashion.Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh visualisasi foto OOTD (outfit of the day) seorang selebgram terhadap keefektivitasan membangun persepsi konsumen wanita sebagai bagian dari strategi promosi online sebuah produk fashion. Proses analisis dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Studi dokumentasi, observasi online, dan kuesioner digital digunakan sebagai alat pengumpulan data yang kemudian hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif dengan pendekatan teori media sosial menurut Rulli Nasrullah, serta teori male gaze menurut John Berger yang merupakan bagian dari studi budaya visual. Perkembangan budaya siber pada media sosial Instagram sebagai bentuk eksistensi individu dalam menciptakan citra diri, serta adanya unsur male gaze dan fan-culture yang merupakan realitas sosial dalam dunia siber tersebut, dinilai mampu mempengaruhi persepsi konsumen wanita dalam strategi pemasaran digital produk fashion di era industri 4.0 saat ini.

Instagram is a social media that is popularly used as an online promotion media in digital marketing, especially for fashion products. Online shopping has become part of the daily life of urban communities, especially for the younger generation and women. One of the trends and considered the most attractive for female consumers is the visualization of an outfit of the day (OOTD) photo of a celebrity on Instagram who promotes fashion products. The research was conducted to find out how much the influence of the outfit of the day (OOTD) visualization of a celebrity photo on the effectiveness of building perceptions of female consumers as part of an online promotion strategy for a fashion product. The analysis process is carried out using descriptive qualitative methods. Documentation studies, online observations, and digital questionnaires are used as data collection tools which then will be explained descriptively by social media theory approach according to RulliNasrullah, as well as male gaze theory according to John Berger which is part of visual culture studies. The development of cyber culture on Instagram as a form of individual existence in creating selfimage, as well as the presence of male gaze and fan-culture elements which are a social realities in the cyber world, are considered capable of influencing the perception of female consumers in digital marketing strategies of fashion products in the current 4.0 industry era.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-20

Issue

Section

Articles