Efektivitas Penggunaan Infografis Pada Perancangan Buku Profil Universitas (Studi Objek Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)

Authors

  • Widyasari ITS
  • Aris Sutejo ITS
  • Adibah Nurul Yunisya ITS

Keywords:

grafik, ilustrasi, infografis, pictogram, unsur grafis, graphs, graphic elements, illustration, infographic

Abstract

Adanya perubahan dan perkembangan positif pada kampus UPN “Veteran” Jatim sudah selayaknya dikemas dalam sebuah media yang dapat menyajikan informasi profil UPN “Veteran” Jatim dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Media tersebut berupa buku profil UPN “Veteran” Jatim yang dirancang dengan menggunakan teknik infografis yakni jenis gambar yang memadukan informasi dengan desain, yang bertujuan untuk berkomunikasi secara singkat dan jelas kepada pembaca. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan langkah-langkah mencari literatur, mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, menganalisis data dengan menggunakan tabel TOWS (Threat, Opportunities, Weakness, Strength) matrix untuk menentukan Unique Selling Proposition, menganalisis insight target audiens untuk menyusun solusi kreatif, menganalisis dan menyimpulkan hasil kuesioner untuk mengukur capaian penelitian. Dari hasil analisis TOWS matrix dapat disimpulkan bahwa Unique Selling Proposition yang ditemukan adalah UPN “Veteran” Jatim sebagai Perguruan Tinggi Negeri baru terakreditasi “A” yang konsisten dalam menerapkan karakter Bela Negara pada kegiatan akademik dan non-akademik. Unique Selling Proposition inilah yang menjadi konten pada buku profil UPN “Veteran” Jatim. Sedangkan dari hasil analisis consumer insight dapat disimpulkan bahwa audiens menginginkan penyampaian informasi profil UPN “Veteran” Jatim berupa informasi tekstual yang disertai dengan elemen-elemen visual seperti unsur grafis, ilustrasi, pictogram, dan grafik. Hasil dari penelitian adalah sebesar 83% (sangat kuat) setuju jika penggunaan infografis berupa unsur grafis, ilustrasi, pictogram, dan grafik pada perancangan buku profil UPN “Veteran” Jatim dapat memiliki tampilan visual yang lebih menarik. Selanjutnya sebesar 83,2% (sangat kuat) setuju jika penggunaan infografis berupa unsur grafis, ilustrasi, pictogram, dan grafik pada perancangan buku profil UPN “Veteran “ Jatim dapat menyajikan informasi menjadi lebih mudah dipahami.

The emergence of transformation and positive development within Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPN “Veteran” Jatim) supposedly bundled as a media which could provide the information of UPN “Veteran” East Java profile with interesting way and to be easily understood. The media is profile book of UPN “Veteran” Jatim that are designed using the infographic method which is a type of image that combines information with design that aims to communicate briefly and clearly to the reader. The research method that are used are qualitative and quantitative methods with the research steps consist of searching literature, collecting qualitative data and quantitative data, data analysis using TOWS (Threat, Opportunities, Weakness, Strength) table matrix to define the Unique Selling Proposition, analyzing the targeted audience's insight to compose the creative solution, analyzing and concluding the results of the questionnaire to measure research achievements. From the results of the TOWS matrix analysis, it can be concluded that the Unique Selling Proposition is UPN “Veteran” Jatim as a newly Public Universities with accredited "A", is the consistency in applying the character of Bela Negara to academic and nonacademic activities. This Unique Selling Proposition is the content in the book profile of UPN "Veteran" Jatim. While from the results of the consumer insight analysis, it was concluded that the audience wanted the delivery of information on the profile of UPN "Veteran" Jatim is textual information accompanied by visual elements such as elements of graphics, illustrations, pictograms, and graphics. The results of this study are as much as 83% (very strong) agree if the use of infographics in the form of elements of graphics, illustrations, pictograms and graphs, in designing the book profile of UPN "Veteran" Jatim, can illustrate a more interesting visual appearance. Furthermore, 83,2% (very strong) agreed that the use of infographics in the form of graphic elements, illustrations, pictograms, and graphs in designing the book profile of UPN "Veteran" East Java could present information to be more easily understood.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-20

Issue

Section

Articles