Isi Artikel Utama

Abstrak

Pesantren teknologi merupakan salah satu bentuk dari inovasi dalam dunia pendidikan islam yang berhasil memadukan nila-nilai agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menjadikannya model pembelajaran yang relevan dengan zaman. Meskipun berpotensi besar, pesantren teknologi masih kurang dikenal oleh masyarakat luas. Dengan memanfaatkan dan mengembangkan media virtual tour 3D interaktif sebagai sarana promosi diharapkan dapat membantu mengenalkan pesantren teknologi kepada masyarakat secara menarik dan interaktif. Media virtual tour ini dikembangkan menggunakan aplikasi 360° VR Tour Builder yang memberikan pengalaman kepada penggunanya dalam menjelajahi lingkungan pesantren secara virtual. Tahapan awal yang dilakukan adalah melakukan riset dan pengumpulan data  melalui pengambilan gambar dari setiap area melalui perangkat kamera 360° serta melakukan scanning dan mapping area melalui piloted drone. Tahapan selanjutnya merupakan import gambar dan video 360° ke dalam  software 360° VR Tour Builder yang dilanjutkan dengan penempatan hotspot interaktif, penambahan informasi setiap lokasi, dan pembuatan peta navigasi. Tahapan akhir adalah integrasi virtual tour ke dalam platform website dengan melakukan pengujian ke berbagai perangkat (desktop, tablet, dan smartphone) untuk memastikan pengalaman optimal bagi pengguna. Pendekatan ini diharapkan para pengelola pesantren dapat memanfaatkannya untuk promosi yang efektif serta dapat meningkatkan visibilitas dan citra pesantren teknologi sebagai lembaga pendidikan islam yang modern dan berkualitas.

Kata Kunci

Pesantren Teknologi Virtual Tour 3D Promosi Edukatif Santri

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ardianto, O. P. S. ., Ardiantono, D. S., Wardhana, M., Kristianto, T. A., Rucitra, A. A., Budianto, C. A., Sabiela, Y. H., Sopian, U., Khairunnisa, N., Ramadhan, K. N. A., Anjar, B. P., & At-Taqi, A. M. M. (2024). Pengembangan Media Virtual Tour 3D Interaktif sebagai Wahana Promosi Edupreneur Pesantren Teknologi. Sewagati, 8(6). Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/2221

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama