Isi Artikel Utama
Abstrak
Usaha Mikro berperan strategis dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional. Bahkan Usaha Mikro terbukti mampu bertahan lebih baik menghadapi krisis ekonomi nasional dibandingkan perusahaan-perusahaan skala besar. Surabaya sebagai metropolitan kedua di Indonesia memiliki potensi pengembangan Usaha Mikro yang besar. Dengan jumlah populasi mencapai 3 juta penduduk pada tahun 2017, pengembangan Usaha Mikro mempunyai modal strategis dari sisi ketersediaan pasar dan tenaga kerja manusia. Dengan fakta tersebut Departemen Desain Interior melakukan pengabdian masyarakat dengan merevitalisasi desain interior sentra-sentra Usaha Mikro milik Dinas Perdagangan Kota Surabaya untuk mendukung usaha marketing produk Usaha Mikro. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan tahapan yaitu, (1) studi sentra Usaha Mikro sebagai obyek perancangan, (2) studi produk Usaha Mikro, (3) studi pustaka untuk mendukung perancangan, (3) perancangan sentra Usaha Mikro hingga (4) produksi dokumen pelaporan serta luaran pengabdian masyarakat. Hasil pengabdian masyarakat berupa desain interior baru sentra Usaha Mikro milik Dinas Perdagangan Kota Surabaya berjumlah 5 (lima) yang dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu stand di mall dan toko mandiri di fasilitas publik. Masing-masing desain interior memiliki luaran berupa dokumen konsep dan presentasi desain, gambar teknis dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pelaksanaan. Luaran tersebut selanjutnya dapat digunakan Dinas Perdagangan Kota Surabaya untuk panduan pelaksanaan revitalisasi sentra Usaha Mikro.