Label Halal dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Usaha Maha Bakery di Kota Pontianak

Authors

  • Rahmah Yulisa Kalbarini IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.226

Keywords:

Halal, Harga produk, Label halal, Pendapatan, Syariah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Mengetahui pendapatan di toko Maha Bakery sebelum dan sesudah adanya label halal. 2) Untuk mengetahui apakah label halal berdampak pada harga produk di toko Maha Bakery. Metode penelitian dalam ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini ialah: 1) Pendapatan Maha Bakery sebelum adanya label halal ialah stabil. Kemudian setelah Maha Bakery mendapatkan label halal pendapatannya mengalami peningkatan. Adanya label halal pada produk Maha Bakery dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada produknya, sehingga berdampak pada tingkat penjualan dan pendapatannya. 2) Harga produk yang ditawarkan Maha Bakery kepada konsumen cukup terjangkau sehingga menarik minat konsumen. Setelah adanya label halal beberapa produk roti di Maha Bakery juga mengalami perubahan harga, namun kenaikan harga tersebut bukan disebabkan oleh adanya label halal MUI melainkan dikarenakan adanya bahan baku yang mengalami kenaikan harga.

References

B. A. S. B. A. Sulastri, “Pengaruh Label Halal Terhadap Pendapatan Agroindustri Obat Tradisional Dan Tanaman Rempah Di Madura,” Qawwam Leader’s Writ., vol. 2, no. 2, pp. 169–205, 2021.

R. Zuliani, “Dampak Label Syariah Terhadap Pendapatan Pada Usaha Jasa Di Kota Langsa,” 2020.

Mahwiyah, “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Dosen Fakultas Syariah Dan Hukum Uin Jakarta)”, UIN Jakarta, 2010.

R. Yuli, “Analisis Komparatif Labelisasi Halal Pada Kosmetik Dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat Di Kecamatan Syiah Kuala Dan Kecamatan Kuta Alam,” Uin Ar-Raniry, 2019.

M. Darma, “Sanksi Produk Yang Tidak Berlabel Halal,” J. Ekon. Dan Keungan Publik, vol. 2, no. 2, 2020.

S. Zulaicha dan R. Irawati, “Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam,” Inovbiz J. Inov. Bisnis, 2016, Doi: 10.35314/Inovbiz.V4i2.76.

Nazir, “Analisis Determinan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kabupaten Aceh Utara,” Tesis, 2010.

B. Swastha, "Manajemen Pemasaran Modern". 2008.

Amstrong dan Kotler, “Manajemen Pemasaran,” Kotler Amstrong 2012, 2012.

A. Bindas, “Analisis Pengaruh Harga (Price), Tempat (Place) Dan Promosi (Promotion) Terhadap Kepuasan Konsumen (Customer Satisfaction) …,” Juti Unisi, 2020.

P. Kotler dan G. Amstrong, “Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1.,” Manajemen Pemasaran. 2008.

A. Syahma, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Tangkap Di Desa Galesong Kota Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar,” 2016.

L. A. Nugroho, "Pengaruh Modal Usaha". Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

N. Supranto dan Limakrisna, "Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran", 2011.

P. Kotler, “Kotler On Marketing,” Kotler On Marketing. 2012.

C. E. Ferdinan dan R. Nugraheni, “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki (Studi Pada Pembeli – Pengguna Sepeda Motor Suzuki Di Kota Solo),” Diponegoro J. Manag., 2013.

R. Lupiyoadi, “Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi Edisi 3,” Penerbit Salemba, 2013.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

[1]
Rahmah Yulisa Kalbarini, “Label Halal dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Usaha Maha Bakery di Kota Pontianak”, hr, vol. 2, no. 1, pp. 26–35, Mar. 2022.