Penilaian Risiko Pipa Bawah Laut oleh Faktor Kapal Menggunakan Pendekatan Bayesian Network

Authors

  • Firda Puspita Devi Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • I Gst Ngr Rai Usadha Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Inu Laksito Wibowo Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Imam Mukhlash Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Keywords:

DNV RP F107, Bayesian Network, Probabilitas, Penilaian Risiko, Pipa Bawah laut

Abstract

Penyaluran minyak dan gas bumi dengan pipa bawah laut diklaim sangat efisien karena memerlukan biaya yang minimal. Namun, seiring padatnya aktivitas maritim oleh lalu lintas kapal akan berdampak kerusakan pada jaringan pipa bawah laut. Penyebab kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: jatuhnya jangkar kapal ( anchor drop ), kapal tenggelam akibat gagal mesin, jaring atau pukat ( trawl ), dan faktor lainnya. Oleh karena itu, penilaian risiko untuk kapal yang melewati jaringan pipa bawah laut sangat diperlukan. Pada penelitian ini, metode Bayesian Network (BN) digunakan untuk memodelkan penyebab kecelakaan pipa bawah laut oleh faktor kapal dan menghitung probabilitas kerusakan yang ditimbulkannya. Adapun standar DNV RP F107 digunakan untuk mengklasifikasi tingkat risiko berdasarkan nilai probabilitas yang didapat. Hasil pengujian program ini menunjukkan bahwa sebesar 58.4% pipa tidak rusak akibat jangkar, 13.83% kerusakan yang ditimbulkan kecil, 15.14% kerusakan yang ditimbulkan menengah, dan 12.59% kerusakan yang ditimbulkan besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Liu, Y. T., H. Hu, dan Y. B. Song, (2011), “Pipeline Integrity Management System Based on Dynamic Risk Assessment”, Journal of Shanghai Jiaotong University, Vol.45, No.5, (pp 687-690).

Muhlbauer, W. K, (2003), Pipeline Risk Assessment Manual (Third Edition), Publication PARLOC 2001, Mott MacDonald Ltd., Offshore Operators Association, U.K. and the Institute of Petroleum,

Doremami, N., A. Afshar, A. D. Mohammadi, (2010), “Hierarchical Risk Assessment in Gas Pipelines Based on Fuzzy Aggregation”, Proceedings of 2nd International Conference on Reliability, Safety & Hazard.

Liu, Yutao, (2013), “Probability Analysis of Damage to Offshore Pipeline by Ship Factors”, Transportation Research Board 92th Annual Meeting.

Risk Assessment of Pipelines Protection, (2010), Norway, Publication DNV-RP-F107, Det Norske Veritas (DNV).

Mouselli, AH, (1981), “Offshore Pipelines Design, Analysis and Methods”, Oklahoma, PennWellBooks.

Sun, D, J., L, (2010), Elefteriadou, “Research and implementation of lane-changing model based on driver behavior”, In Journal of Transportation Research Board: Transportation Research Record 2161. (pp. 1-10).

Downloads

Published

2017-05-15

How to Cite

Firda Puspita Devi, I Gst Ngr Rai Usadha, Inu Laksito Wibowo, & Imam Mukhlash. (2017). Penilaian Risiko Pipa Bawah Laut oleh Faktor Kapal Menggunakan Pendekatan Bayesian Network. imits: ournal of athematics and ts pplications, 14(1), 61–71. etrieved from https://journal.its.ac.id/index.php/limits/article/view/5245