Penentuan Koefisien Daya Angkat Pesawat Terbang Layang Terhadap Gerakan Angin Vertikal

Authors

  • Yatini Jurusan Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Erna Apriliani Jurusan Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Soetrisno Jurusan Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Keywords:

kontrol optimum, lintasi pesawat terbang layang, Runge Kutta Orde Empat

Abstract

Permasalahan penentuan waktu terbang minimum dari sebuah pesawat terbang layang akibat pengaruh gerakan angin vertikal adalah merupakan permasalahan kontrol optimal non linear atau permasalahan optimasi non linier. Sedangkan penentuan waktu tercepat dengan lintasan bebas, adalah merupakan permasalahan penentuan fungsi pengontrol pesawat terbang layang yang dipengaruhi kecepatan angin sehingga dicapai sasaran yang tepat dengan waktu tercepat. Dalam makalah ini dikaji penentuan fungsi pengontrol yang sesuai untuk mendapatkan waktu minimum dengan keadaan awal dan akhir lintasan pesawat adalah tetap. Masalah ini diselesaikan secara numerik dengan menggunakan metode Runge-Kutta Order Empat. Hasil simulasi dilakukan untuk beberapa kecepatan angin yang berbeda, sehingga diperoleh fungsi pengontrol yaitu sudut angkat untuk masing-masing kecepatan angin dengan waktu terbang minimum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chapra S.C. dan Canale R.P., "Metode Numerik Untuk Teknik", UI-Press, 1991.

De Jong J.L., "The Optimal-Range-Velocity Polar, a New Theoretical Tool for The Optimizsation of Sailplane Flight Trajectories", Memorandom COSOR, 77-28,

Pierson B.L. and Chen I., 1979, "Minimum Landing-Approach Distance for Sailolane", Iowa State University, Ames, Iowa.

Pierson B.L. and Chen I, "Minimum Altitude-Loss Soaring in Sinusoidal Ver- tical Wind Distribution," to appear in Optimal Control Applications & Meth- ods, Vol. 1.

Pierson B.L. and Chen I, "Minimum-Time Soaring Through A Speci¯ed Ver- tical Wind Distributions", Departement of Aerospace Engineering and the Engineering Research Institute, Iowa State University, U.S.A.

Downloads

Published

2005-05-15

How to Cite

Yatini, Erna Apriliani, & Soetrisno. (2005). Penentuan Koefisien Daya Angkat Pesawat Terbang Layang Terhadap Gerakan Angin Vertikal. imits: ournal of athematics and ts pplications, 2(1), 9. etrieved from https://journal.its.ac.id/index.php/limits/article/view/5302