Pemodelan Biaya Garansi Dua Dimensi (Studi kasus : PT. Indomobil Prima Niaga Sidoarjo)

Authors

  • Valeriana Lukitosari Departemen Matematika, Fakultas Matematika Komputasi dan Science Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Adhella Dwi Nur Saidah Departemen Matematika, Fakultas Matematika Komputasi dan Science Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Titik Mudjiati 3Departemen Matematika, Fakultas Matematika Komputasi dan Science Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keywords:

Kerusakan, Umur, Distribusi Weibull, Biaya Garansi

Abstract

Penentuan biaya garansi sangat penting bagi perusahaan. Berapa biaya garansi yang tepat akan ditambahkan pada harga penjualan suatu produk. Biaya garansi yang terlampau kecil dapat merugikan perusahaan/produsen. Sebaliknya biaya garansi terlalu tinggi dapat merugikan konsumen. Pemberian garansi dapat meningkatkan rasa aman konsumen terhadap mutu produk. Garansi merupakan kesepakatan kontraktual antara produsen dan konsumen, dimana produsen bersedia melakukan perbaikan atau penggantian terhadap produk yang mengalami kerusakan selama periode garansi yang telah ditentukan. Dengan demikian, untuk menentukan biaya garansi diperlukan keterkaitan antara kerusakan dengan biaya perbaikan/penggantian. Pendekatan kerusakan dalam model dilakukan dengan melihat umur dan pemakaian produk, dimana kerusakan diasumsikan berdistribusi Weibull. Penelitian ini menghasilkan formulasi ekspetasi biaya garansi dua dimensi. Selain itu diperoleh hubungan besarnya ekspetasi biaya garansi produk sebanding dengan peningkatan umur dan pemakaian dari produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bain, L.J., dan Engelhardt, M., Introduction to Probability and Mathematical Statistics, Second Edition, Duxbury Press, California, 1991.

Blischke, W. R., dan Murthy D. N. P., Warranty Cost Analysis, Marcel Dekker Inc., New York, 1994.

Blischke, W.R., Karim, M.R., dan Murthy, D.N.P., Warranty Data Collection and Analysis, Springer London Dordrecht Heidelberg, New York, 2011.

Chukova, S., dan Johnston, M.R., "Two-dimensional warranty repair strategy based on minimal and complete repairs" Mathematical and Computer Modelling, 44,1133–1143, 2006.

Jack, N., Iskandar B.P., dan Murthy, D.N.P., "A repair-replace strategy based on usage rate for items sold with a two-dimensional warranty" Reliability Engineering and System Safety, 94, 611-617, 2009.

Kim, C.S., Djamaludin, I., dan Murthy, D.N.P., "Warranty cost analysis with heterogeneous usage intensity" International Transactions in Operational Research, 8,337-347, 2001.

Menezes, M.A.J dan Quelch, J.A., "Leverage your warranty program" Sloan Managereal Review, 31, 4, 69-80, 1990.

Pham, H., Springer Handbook of Engineering Statistics, Springer London Dordrecht Heidelberg, New York, 2006.

Park, M., dan Pham, H., "Cost models for age replacement policies and block replacement policies under warranty" Applied Mathematical Modelling, 1-14, 2016.

Wang, Y., Liu, Z., dan Liu, Y., "Optimal preventive maintenance strategy for repairable items under two-dimensional warranty" Reliability Engineering and System Safety, 142, 326-333, 2015.

Downloads

Published

2017-12-15

How to Cite

Valeriana Lukitosari, Adhella Dwi Nur Saidah, & Titik Mudjiati. (2017). Pemodelan Biaya Garansi Dua Dimensi (Studi kasus : PT. Indomobil Prima Niaga Sidoarjo). imits: ournal of athematics and ts pplications, 14(2), 157–167. etrieved from https://journal.its.ac.id/index.php/limits/article/view/5303