Isi Artikel Utama

Abstrak

Literasi pasar modal, menjadi aspek penting dalam membangun kesadaran investasi sejak dini, namun masih banyak pelajar yang belum memiliki pemahaman yang memadai. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pasar modal bagi 36 siswa SMA Katolik Frateran Surabaya dari kelas 10, 11, dan 12 melalui kegiatan Belajar Bersama KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal) sejak 08 Agustus hingga 21 November 2024. Metode yang digunakan meliputi kegiatan ekstrakulikuler Galeri Investasi dengan pembelajaran interaktif di kelas, pendampingan dari Sucor Sekuritas, serta diskusi kelompok terkait konsep dasar pasar modal, jenis investasi, dan identifikasi risiko. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap pasar modal, yang diukur melalui rata-rata nilai pre-test dan post-test, yakni yang sebelumnya hanya 69,44% menjadi 92,22%. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi muda dapat lebih siap menghadapi tantangan keuangan di masa depan serta memiliki kebiasaan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Keberlanjutan program ini dapat dilakukan dengan pendampingan lanjutan serta kerja sama yang lebih erat antara Fakultas Bisnis UKWMS, SMA Katolik Frateran, dan komunitas pasar modal guna menciptakan ekosistem pembelajaran keuangan yang lebih inklusif. Selain itu, kegiatan ini juga membuka wawasan siswa mengenai pentingnya edukasi keuangan dalam pengambilan keputusan finansial di masa depan. Dengan adanya edukasi pasar modal sejak dini, diharapkan siswa dapat lebih kritis dan bijak dalam mengelola keuangan serta memanfaatkan peluang investasi secara optimal.

Kata Kunci

Investasi Kelompok Studi Pasar Modal Keuangan Inklusif Literasi Pasar Modal Pengelolaan Keuangan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Memarista, G., & Kustindarti, C. A. (2025). Peningkatan Literasi Pasar Modal bagi Pelajar SMA Katolik Frateran Surabaya: Belajar Bersama Kelompok Studi Pasar Modal. Sewagati, 9(2), 3103–3115. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i2.2721

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama