Isi Artikel Utama

Abstrak

Saat ini generasi millenial merupakan pemain utama dalam ekonomi Indonesia, sehingga sangat penting bagi UMKM perhiasan/ aksesoris memahami karakter millennial agar profit bisnis dapat tumbuh. Tetapi kendala yang dihadapi untuk memasuki pasar millennial adalah adanya jarak generasi antara pelaku industri yang berasal dari generasi X sedangkan konsumen yang akan dibidik adalah generasi millenial (generasi Y). Oleh karena itu para perajin perlu dibekali dengan trend desain perhiasan yang disukai oleh para millenial. Strategi yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini berupa pendampingan desain dengan mempertimbangkan keahlian, kemampuan produksi dan identitas desain dari mitra. Adapun upaya pendampingan desain dilakukan dengan cara memberikan pasokan desain aksesoris. Luaran yang dihasilkan dari program ini adalah purwarupa desain aksesoris yang terpilih dan bank desain yang berupa buku berisikan kumpulan sketsa desain tim pengabdi. Kegiatan ini diapresiasi oleh pelaku usaha, karena dengan adanya buku bank desain dapat memudahkan proses pengembangan produk perhiasan/ aksesoris yang digemari oleh generasi millennial.

Kata Kunci

Aksesoris Desain Produk Generasi Millennial Perhiasan UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susandari, H. ., Krisbianto, A. D. ., Nugraheni, D. ., Kumalasari, A. I. ., Setya, A. A. ., Sesaria, F. ., Anggraeni, O. D. ., & Soewito, B. M. . (2022). Pendampingan Desain pada UMKM Perhiasan/ Aksesoris untuk Memasuki Pasar Generasi Millenial. Sewagati, 4(2), 115–120. Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/352