Isi Artikel Utama
Abstrak
UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Perkembangan UMKM bermanfaat untuk menggerakan ekonomi pada suatu negara. Di sisi lain, pertumbuhan UMKM juga dapat mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan dengan menyerap tenaga kerja yang ada. Namun, dalam perkembangannya terdapat beberapa masalah yang sering dihadapi oleh pihak UMKM yaitu terkait dengan pemasaran dan profitabilitas. Permasalahan-permasalahan tersebut jika tidak diatasi dengan baik akan mempengaruhi perkembangan dari UMKM. Salah satu yang terdampak permasalahan tersebut adalah usaha makanan beku Sari Nikmat yang berada di kota Malang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pangsa pasar dan profitabilitas, serta mengembangkan model yang dapat membantu meningkatkan pangsa pasar dan profitabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah model yang dapat digunakan oleh parah pelaku UMKM dalam merumuskan strategi jangka panjang yang berkaitan dengan pangsa pasar dan profitabilitas.