Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengelolaan manajemen penerimaan santri baru di Pesantren Murottal Depok. Metode pengabdian yang difokuskan pada pembuatan dan pelaksanaan program pelatihan yang ekstensif bagi panitia penerimaan santri baru dan staff manajemen pesantren. Strategi ini terdiri dari evaluasi awal untuk menentukan kebutuhan pesantren, perancangan program pelatihan yang sesuai dengan lingkungan setempat, serta pelaksanaan dan pengawasan yang berkelanjutan selama dua bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pengelolaan manajemen penerimaan santri baru efektif dalam meningkatkan manajemen pesantren dalam penerimaan santri baru. Dengan adanya monitoring berkelanjutan selama dua bulan menunjukkan adanya peningkatan dalam perencanaan manajemen penerimaan santri baru, promosi dan sosialisasi pesantren, seperti pembuatan brosur, spanduk, video profil pesantren, alur dan prosedur pendaftaran pesantren, tes calon peserta santri baru, daftar ulang, media promosi yang efektif baik online maupun offline, membangun relasi sekolah dan tokoh lokal, program referral dan beasiswa, evaluasi dan analisis, branding dan mapping data santri, dan grafik tren penerimaan santri. Penelitian ini berkontribusi pada literatur mengenai manajemen penerimaan santri baru serta memiliki implikasi di dunia nyata bagi pengembangan kebijakan dan strategi penerimaan santri baru yang berkelanjutan. Dengan demikian diharapkan dengan adanya pengabdian ini dapat menjadi kunci sukses dalam optimalisasi kuota dalam penerimaan santri baru di Pesantren Murottal Depok.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Sewagati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.