Isi Artikel Utama

Abstrak

Pelatihan terkait laboratorium virtual berlum pernah diikuti oleh guru di SMPN Nunbai dan perlunya penyegaran kembali pengetahuan mengenai laboratorium non virtual sehingga kegiatan pelatihan perlu dilakukan. Tujuan kegiatan pengabdian berupa pelatihan ini  adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru terkait dengan laboratorium virtual dan non virtual. Pengabdian dilaksanakan pada tanggal 1-2 Agustus 2024 di SMPN Nunbai dengan peserta guru-guru SMPN Nunbai. Tahapan kegiatan ini yaitu survei lokasi dan pengecekan peralatan laboratorium: persiapan pelatihan; pelaksanaan pelatihan dan pembuatan laporan dan penyusunan artikel. Materi yang disampaikan melalui metode ceramah diikuti dengan praktek langsung. Indikator keberhasilan pengabdian yaitu nilai post test lebih besar dari pretest. Selain itu, pengisian kuisioner kepuasaan peserta juga dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan pengabdian. Hasil analisis kuisioner untuk pretest dan post test menunjukkan selisih nilai rata-rata sebesar 10,67 atau terdapat kenaikan sebesar 19,46% yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan profesional guru. Selain itu, peserta pengabdian 100 % merasa puas terhadap pelaksanaan PkM. Kegiatan serupa perlu dilakukan di sekolah lain dengan kondisi yang sama dengan SMPN Nunbai agar kemampuan guru dapat meningkat

Kata Kunci

Guru Kemampuan Laboratorium Non-Virtual Virtual

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Santiari, M., Sele, Y., Moi, M. Y., & Masing, F. A. (2025). Aplikasi Laboratorium Virtual dan Laboratorium Non Virtual: Suatu Solusi Pemberdayaan Kemampuan Profesional Guru di SMPN Nunbai. ewagati, 9(4), 1022–1031. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i4.4681