Isi Artikel Utama

Abstrak

Desa Pucang merupakan sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerajinan tanduk, kayu dan tempurung yang akan diolah menjadi produk kerajinan. Produk kerajinan kayu yang dijual oleh UMKM Desa Pucang berupa sendok nasi, serok, penjepit, sisir, garpu dan suvenir. Saat ini pemasaran produknya menggunakan sistem offline ke berbagai kota besar di Indonesia yaitu Solo, Semarang, Yogyakarta dan Jakarta. Akan tetapi dengan situasi pandemi Covid-19 membuat penjualan UMKM desa Pucang menurun. Adanya pandemi ini memaksa perubahan pola belanja dari offline menjadi online sehingga merubah proses pemasarannya. Oleh karena itu, untuk merubah proses pemasarannya diperlukan media-media penunjang salah satunya video profil Desa Pucang. Pengumpulan data untuk pembuatan video profil dilakukan melalui dokumentasi foto dan video serta didukung dengan data dari internet. Video ini berupa video interaktif dengan konsep gaya desain modern. Untuk video profil Desa Pucang dapat diakses pada media sosial Youtube dengan nama channel Manajemen Bisnis Industri Furnitur. Dampak dari adanya video profil ini adalah kemudahan dalam mengakses informasi Desa Pucang sehingga dapat meningkatkan penjualan UMKM Desa Pucang.

Kata Kunci

Pandemi Covid-19 Pemasaran digital Profil desa Pucang UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arini , N. I. ., Kristianto, F., & Supardi. (2023). Video Profil Desa Pucang sebagai Sarana Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Sewagati, 7(3), 457–466. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i3.561

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama