Isi Artikel Utama

Abstrak

Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity) menghadirkan tantangan besar dalam dunia pendidikan. Mahasiswa dituntut untuk menguasai pengetahuan teoritis dan praktis dalam menghadapi dinamika tersebut. Program kontekstualisasi pembelajaran yang melibatkan mahasiswa, penggerak ekonomi, dan pengelola pendidikan melalui forum Larasdikdudi, diharapkan mampu menjawab tantangan ini. Metode yang diterapkan meliputi focus group discussion, penyusunan materi pelatihan, pelaksanaan pelatihan, generating business idea, mentoring peserta, pitching ide bisnis dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontekstualisasi pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan praktis, kemampuan berpikir kritis, dan problem-solving di kalangan mahasiswa dan siswa. Selain itu, program ini juga berhasil menciptakan trainer yang memiliki kapabilitas untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dan pemahaman teori ke masyarakat luas. Dengan demikian, program pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu membantu mahasiswa dan siswa beradaptasi dengan tantangan VUCA dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Program pengabdian masyarakat ini juga dapat menciptakan Kontekstualisasi pembelajaran untuk mendorong penggerak ekonomi di era VUCA.

Kata Kunci

Era VUCA Focus Group Discussion Kontekstualisasi Pembelajaran Penggerak Ekonomi Peran Mahasiswa

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suef, M., Prasetyawan, Y., Latiffianti, E., Savitri, N. A., Ciptomulyono, U., Wiratno, S. E., Kusumaningrum, A. W., Rahmaningtyas, I., Naifah, S. R. N., Handaningtyas, I., Wiscahyo, G., Putra, R. A., Yani, B. F., Nabila, D. D., Rashida, A. D., & Kusumawardani, R. (2025). Kontekstualisasi Pembelajaran, Penggerak Ekonomi Serta Pengelola Pendidikan untuk Meningkatkan Literasi mengenai Produksi dan Produktivitas. Sewagati, 9(2), 434–448. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i2.2583

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama