Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan dan penggunaan teknologi informasi telah membantu manusia menyelesaikan pekerjaannya secara efisien. Teknologi ini telah diimplementasikan dan dipelajari di setiap jenjang pendidikan, mulai dari SD sampai dengan perguruan tinggi. Sehingga, untuk sebagian institusi, teknologi informasi bukan menjadi barang asing lagi.


Akan tetapi, tidak semua sekolah mengenal teknologi informasi dengan baik. Sehingga, diperlukan pemahaman yang memadai agar bisa digunakan dan dikembangkan oleh mereka. Di dalam program pengabdian yang dikerjakan ini, kami berusaha untuk melakukan peningkataan pemahaman tersebut, khususnya teknologi yang berkaitan dengan Internet of Things (IoT). Hal ini dengan mempertimbangkan bahwa teknologi ini cukup bermanfaat, simpel dan relatif mudah diimplementasikan. Sebagai mitra pengabdian, kami bekerja sama dengan salah satu SD di Surabaya.


Dalam program pengabdian ini, kami melibatkan mahasiswa sebagai pendukung. Seperti sebelumnya, sebagai kelanjutan program pengabdian ini setiap mahasiswa tersebut dijadwalkan mengusulkan topik/judul yang dapat diajukan untuk kegiatan PKM mahasiswa. Harapan secara umum, program pengabdian ini bermanfaat lebih luas, baik untuk dosen di laboratorium, mitra pengabdian, mahasiswa dan berbagai pihak yang ada.


Di akhir program kegiatan ini, peralatan yang diperlukan telah selesai dibuat. Pelatihan terhadap staf dari mitra telah dilakukan, serta peralatan yang diperlukan telah diserahkan. Dengan demikian, diharapkan peralatan yang ada bisa digunakan dengan baik.

Kata Kunci

IoT Pendidikan Teknologi Informasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ahmad, T. ., Wibisono, W. ., Ijtihadie, R. M., Djanali, S. ., Santoso, B. J., & Anggoro, R. . (2022). Penggunaan Teknologi Internet of Things untuk Membantu Proses Pembelajaran di Sekolah. Sewagati, 3(3), 65–68. Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/327

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama