Isi Artikel Utama

Abstrak

Saat ini, jumlah pengguna Internet di Indonesia adalah sekitar 200 juta, setara ± 65 % jumlah total penduduk. Jumlah ini mungkin akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Konsekuensinya, aktivitas kehidupan sangat bergantung kepada Internet, salah satunya adalah dalam menjalankan proses pendidikan. Mengingat besarnya potensi perkembangan tekonologi Internet of Things (IoT), maka sangat diperlukan pengetahuan tentang teknologi tersebut serta bagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. SMPN 53 Surabaya memiliki potensi pengembangan dalam memanfaatkan teknologi IoT, namun membutuhkan pelatihan penggunaannya dalam pendidikan. Untuk itu, Laboratorium Komputasi Berbasis Jaringan di Teknik Informatika ITS berinisiatif untuk memberikan pelatihan tentang teknologi IoT kepada guru-guru di SMPN 53 Surabaya. Materi terkait dengan IoT diberikan secara bertahap dari pengenalan sampai dengan bagaimana penggunaan IoT secara praktis dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa para guru mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menggunakaan IoT dalam pendidikan.

Kata Kunci

Internet of Things Pendidikan Pembelajaran Daring

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Shiddiqi, A. M. ., Ijtihadie, R. M. ., Ahmad, T. ., Wibisono, W. ., Anggoro, R. ., & Santos, B. J. . (2022). Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Sewagati, 4(3), 235–240. Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/369

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama