Isi Artikel Utama

Abstrak

Keterbatasan prasarana telekomunikasi dan informasi menyulitkan para dosen dan sarjana teknik yang berkarya di wilayah Indonesia timur dalam mengakses buku, jurnal, serta informasi ilmiah untuk menjaga penguasaan keilmuan dan mengikuti perkembangan teknologi di bidangnya, sesuai dengan hasil survey awal kami. Sebagai solusi, kami melaksanakan penyegaran dan peningkatan kapasitas sarjana secara daring dengan berfokus pada sarjana Teknik Elektro bidang Telekomunikasi. Pelaksanaan secara daring memungkinkan untuk menjangkau wilayah geografis yang luas di Indonesia timur. Materi yang disampaikan meliputi materi dasar, perkembangan teknologi terbaru, dan regulasi telekomunikasi, sesuai umpan balik para responden. Setiap minggu selama 13 minggu dilaksanakan workshop daring sinkron menggunakan Zoom dan Live Youtube dengan tes pasca-workshop berbasis Kahoot. Rekaman video workshop di Youtube dapat diputar oleh peserta yang tidak dapat hadir langsung, sedangkan diskusi dilanjutkan secara asinkron melalui grup Whatsapp. Survey akhir menunjukkan besarnya animo peserta, peningkatan pemahaman materi, dan apresiasi peserta terhadap inisiatif ini. Apresiasi khusus diberikan oleh peserta yang memiliki keterbatasan akses internet sehingga sulit mengikuti workshop secara sinkron, tetapi masih dapat mengikuti workshop dan diskusi secara asinkron. Tim pengabdi mengharapkan metode serupa dapat diterapkan dalam kegiatan penyegaran dan pelatihan di bidang yang lain bagi para dosen dan sarjana yang berkarya di luar Jawa dan khususnya Indonesia Timur.

Kata Kunci

Penyegaran Daring Sinkron/Asinkron Indonesia Timur Teknologi Telekomunikasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hendrantoro, G. ., Mukti, P. H., Kuswidiastuti, D. ., Handayani, P. ., Mauludiyanto, A. ., Rahayu, S. ., & Setijadi, . E. . (2022). Implementasi Workshop Penyegaran Bagi Dosen dan Sarjana Bidang Telekomunikasi di Luar Jawa dan Indonesia Timur dengan Kombinasi Metode Daring Sinkron dan Asinkron. Sewagati, 4(3), 220–226. Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/367

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama