Isi Artikel Utama

Abstrak

Ketersediaan energi memiliki peran sangat penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi suatu negara. Untuk memenuhi permintaan energi tersebut perlu dikembangkan sumber daya energi. Namun permasalahannya adalah, sumber daya energi fosil semakin terbatas, sehingga perlu dikembangkan energi alternatif yang ramah lingkungan, contohnya sel surya. Tren pengembangan pembangkit listrik tenaga matahari (Solar photovoltaic – Solar PV) semakin baik akhir-akhir ini. Disisi lain, perkembangan teknologi berdampak pada sektor pendidikan, terlebih lagi pada kurikulum pendidikan di Indonesia yang sekarang menggunakan Kurikulum 2013 (K13). Untuk itu demi menunjang mata pelajaran yang terkait dengan perkembangan teknologi tersebut, tim pengabdi bekerja sama dengan SMP Islam Terpadu Al-Uswah (SMPIT Al-Uswah) Surabaya mengembangkan perangkat modul atau kit untuk pemanfaatan energi listrik tenaga surya. Pembangkitan energi listrik disimulasikan dalam bentuk konversi energi surya dan energi mekanik menjadi energi listrik secara sederhana dan interaktif agar para siswa bisa belajar langsung bagaimana listrik dihasilkan dari energi matahari dan gerak untuk bisa menunjang pengetahuan siswa dan bisa dimanfaatkan di masa depan. Hasil kuesioner menunjukkan mayoritas guru maupun siswa memberikan respon penilaian positif pada penggunaan perangkat pembelajaran tematik ini. Tujuan akhir pada Program Pengabdian Masyarakat ini telah linear dan mendukung Roadmap bidang kajian Teknologi Tepat Guna ITS tahun 2020-2024, yaitu pemanfaatan tenaga surya sebagai penerangan.

Kata Kunci

Teaching Aid Kit Solar Cell Rangkaian Listrik Photovoltaic (PV)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susanti, D. ., Kusuma, G. E. ., Nurdiansah, H. ., Sarena, S. T. ., Purnawan, ,Angga A. . ., Utama, B. K. P. ., Prayoga, M. D. ., Pratama, A. E. A. ., Rakhmawati, Y. W. ., Purwaningsih, H. ., Rohmanudin, T. N. ., Noerochim, L. . ., Ardhyananta, H. ., Abdul, F. ., & Pandhani, A. A. . (2022). Rancangan Bangun Laboratoruim Green Energy Penunjang Model Pembelajaran Tematik dan Interaktif pada Level Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Sewagati, 5(1), 48–53. Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/387

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama