Isi Artikel Utama
Abstrak
Model pembelajaran yang efektif diperlukan oleh setiap Lembaga Pendidikan. Di era digital ini, teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembelajaran tersebut. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih tentunya akan membuat pengelola pendidikan, khususnya guru/pengajar akan semakin berupaya untuk meningkatkan kompetensinya mempelajari teknologi dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Sekolah Dasar Negeri Sutorejo I/240 Surabaya merupakan salah satu sekolah dasar negeri yang turut serta dalam pengembangan materi pembelajaran pada program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yaitu Rumah Belajar. Agar bahan materi pembelajaran menarik, terstruktur dan interaktif, maka guru menyusun materi pembelajaran dengan berbasis multimedia. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, dilakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi, seperti Microsoft PowerPoint untuk menyusun materi pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Kegiatan terbagi menjadi empat tahap yaitu persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara hybrid, yaitu daring dan luring di Laboratorium Pemrograman I Teknik Informatika ITS. Dan pelaksanaan evaluasi dilakukan secara luring di SDN Sutorejo I/240, Surabaya. Berdasarkan hasil evaluasi, peserta pelatihan yaitu guru dapat mengimplementasikan materi pelatihan dengan baik, sehingga peserta didik lebih tertarik dengan pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Sewagati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.