Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap penting yang memberikan stimulasi dan pengalaman sesuai perkembangan anak secara fisik, sosial, emosional, kognitif, dan moral. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan akan sistem pengawasan yang aman dan efektif di lingkungan pendidikan anak semakin mendesak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan memperkenalkan teknologi face recognition berbasis CCTV di TK Al Hikmah Pasuruan. Dua fokus utama dari kegiatan ini adalah: pertama, pemanfaatan Smart CCTV untuk meningkatkan pengawasan aktivitas belajar dan bermain anak secara real-time guna menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terpantau; kedua, pengenalan teknologi face recognition yang berpotensi digunakan ke depan sebagai sistem pencatatan kehadiran guru secara otomatis. Kegiatan ini dilakukan melalui pemasangan perangkat Smart CCTV serta pelatihan intensif bagi para guru dalam mengoperasikan dan memahami fungsi teknologi tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru dapat memahami manfaat dan cara penggunaan teknologi CCTV dengan fitur pengenalan wajah, meskipun masih diperlukan pendampingan lanjutan mengingat tingkat literasi teknologi yang berbeda-beda. Di tahun-tahun berikutnya, kegiatan dapat diarahkan pada maintenance perangkat CCTV, pemanfaatan fitur face recognition untuk pencatatan kehadiran guru secara otomatis, serta eksplorasi penggunaan analisis rekaman video untuk menilai efektivitas kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci

CCTV Face Recognition Pendidikan Anak Usia Dini Pengawasan Proses Pembelajaran TK Al Hikmah Pasuruan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suciati, N., Revanda, A. R., Navastara, D. A., Fatichah, C., Tjandrasa, H., Kamal, I. M., Marzuqi, M. Z. A., Teja, A. R., Firas, F. A., Glenaya, G., Amanda, A. R., Hermawan, A. I. K., Satriadhi, M. A., Alamsyah, S. F., Ravelia, R., & Mayzura, W. S. (2025). Implementasi Smart CCTV dengan Face Recognition di TK Al-Hikmah Pasuruan. ewagati, 9(5), 1195–1203. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i5.7795

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama