Isi Artikel Utama

Abstrak

Peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk memanfaatkan energi surya secara optimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyampaikan informasi yang berkaitan dengan potensi energi surya dan bagaimana cara memanfaatkannya.Selanjutnya, pemberian pengetahuan dasar terkait dengan konversi energi surya menjadi listrik dan melakukan praktek secara langsung untuk membuktikan pengetahuan dasar yang telah dimiliki. Sehingga, masyarakat dapat memahami secara komprehensif pengetahuan mengenai energi surya ini mulai dari pengetahuan dasar sampai kepada praktek di dunia nyata. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru di sekolah kejuruan SMKN 1 Cimahi melalui pengenalan pengetahuan dasar energi terbarukan melalui teori dan praktek langsung di lapangan. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru-guru SMKN 1 Cimahi untuk bidang keahlian Instrumentasi dan Otomatisasi Industri (IOP). Kegiatan utama berupa pemberian pelatihan pengenalan dan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), diikuti dengan praktek di lapangan. Aplikasi PLTS dalam kehidupan sehari-hari juga dikenalkan dalam pelatihan, dengan harapan peserta dapat lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan energi terbarukan. Peningkatan kompetensi ini diharapkan akan lebih meningkatkan kualitas materi yang disampaikan oleh para peserta kepada peserta didik di SMKN 1 Cimahi. Evaluasi kegiatan dilakukan di akhir untuk mengetahui apakah ada perubahan pengetahuan peserta tentang energi terbarukan dan aplikasinya sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan dilakukan.

Kata Kunci

Energi terbarukan Kejuruan Listrik tenaga surya

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Utami, S., Mursid, S. P., Mardiyanto, I. R., Rahardjo, A. H., Udjianto, T., Arasid, W., & Nurdin, R. (2025). Menyalakan Cahaya dari Sekolah: Transformasi Kompetensi Guru SMKN 1 Cimahi melalui Pelatihan PLTS. ewagati, 9(4), 1061–1070. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i4.7944

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama