Isi Artikel Utama
Abstrak
Discovery Shopping eCommerce (DSC) merupakan salah satu pendekatan bisnis digital dengan prinsip dasar menyediakan katalog informasi selengkap-lengkapnya terkait produk bagi konsumen yang harus disusun dalam sebuah sistem user friendly. Pendekatan tersebut saat ini masih belum familiar diimplementasikan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dimana berdasarkan CNBC Indonesia tahun 2020, hanya 13% dari 64,2 juta UMKM di Indonesia yang terdigitalisasi. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pengembangan website dengan pendekatan DSC untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang memiliki ketertarikan pada produk tanaman herbal, sayuran dan alat berkebun. Website ini akan membantu dalam 1) menginformasikan katalog produk tanaman herbal, sayuran dan alat berkebun terkini, lengkap, dan terstruktur 2) mengedukasi pengguna dalam merawat tanaman dan alat berkebun secara detail, 4) menginspirasi pengguna untuk mengkoleksi tanaman, 5) memasarkan produk UMKM bidang tanaman dan alat berkebun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dijalankan dengan beberapa tahapan yakni 1) penggalian kebutuhan dengan wawancara, 2) penyusunan desain pengalaman pengguna, 3) pengembangan website dan kurasi informasi, 4) publikasi dengan menentukan domain dan hosting, 5) pengujian dan evaluasi. Hasilnya, website DSC telah diluncurkan dan dapat meningkatkan bisnis UMKM melalui peningkatan digitalisasi produk, optimasi branding, dan peningkatan jangkauan konsumen yang lebih luas dari empat mitra kami, yaitu UMKM Produk tanaman herbal, sayuran dan alat berkebun