Isi Artikel Utama

Abstrak

Semua bidang dalam kehidupan membutuhkan kemampuan desain grafis. Begitu pula di dunia pendidikan, seorang pendidik juga harus mampu menyesuaikan kemampuannya di tengah digitalisasi ini agar penyampaian materi menjadi lebih interaktif. Maka dari itu, wawasan desain grafis sangat amat penting diterapkan untuk mengembangkan kreativitas dari tenaga pendidik dan penunjang alat komunikasi sehingga dapat menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik. SMP AL-Uswah Surabaya merupakan sekolah menengah pertama di Surabaya yang memiliki harapan agar dapat menciptakan sebuah sistem pendidikan yang dapat menjawab tantangan dari dunia pendidikan pada saat ini. Merebaknya virus COVID-19, menyebabkan banyak sekolah meminta siswanya untuk belajar di rumah. Semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online baik dengan tatap muka melalui online meeting, maupun dengan pemberian modul materi secara online. Siswa dapat belajar dengan baik dan menyenangkan jika didukung oleh media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Oleh karenanya, berbagai media belajar yang menarik dan interaktif diperlukan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini mengusulkan pelatihan desain grafis untuk mengembangkan kreativitas guru-guru di SMP AL-Uswah Surabaya. Pelatihan akan dilakukan secara online dengan menggunakan perangkat Zoom Meeting. Pelatihan meliputi bagaimana menyusun media promosi pembelajaran yang menarik dan interaktif serta bagaimana menggunakan perangkat lunak seperti Canva untuk membantu proses desain. Diharapkan melalui pelatihan ini, dapat menjadi bentuk kontribusi ITS terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia di tengah wabah COVID-19.

Kata Kunci

Canva Desain Grafis SMP Al-Uswah

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sarwosri, Rochimah, S. ., Akbar, . R. J. ., Oranova, D. ., & Yuhana, U. L. . (2022). Pelatihan Desain Grafis untuk Guru-Guru di SMP AL-Uswah Surabaya. Sewagati, 6(4), 456–462. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i4.170

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama