Isi Artikel Utama

Abstrak

Desa Kemiri, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, merupakan desa yang memiliki potensi ekonomi melalui sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemiri yang menghadapi kendala dalam memasarkan produk secara efektif karena kurangnya pengetahuan digital marketing. Solusinya, diadakan kegiatan pemberdayaan, melaksanakan pelatihan, dan pendampingan penggunaan digital marketing melalui platform Google My Business, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemahaman digital marketing dan untuk meningkatkan pemasaran masyarakat Desa Kemiri. Kegiatan pemberdayaan ini dilakukan untuk 20 pelaku UMKM dengan metode kegiatan dibagi menjadi 4 tahap: 1) observasi dan wawancara; 2) persiapan pelatihan; 3) pelatihan dan pendampingan; 4) evaluasi. Melalui kegiatan pemberdayaan ini peningkatan pengetahuan masyarakat tentang digital marketing mengalami peningkatan sebesar 75% dari 20 orang partisipan, dimana pelaku UMKM mulai mampu memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan produk mereka secara lebih luas, meningkatkan visibilitas usaha, serta membuka peluang pasar yang lebih besar, sehingga berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan kemandirian ekonomi masyarakat Desa Kemiri.

Kata Kunci

Digital Marketing Ekonomi Google My Business Masyarakat UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kemuning, P. D. A. R., Saputri, H. A., Putri, S. M., & Atasa, D. (2025). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Kemiri, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan. Sewagati, 9(3), 716–725. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i3.2565