Isi Artikel Utama

Abstrak

Mahasiswa kedokteran tahun pertama menghadapi banyak tantangan dalam menye-suaikan diri dengan lingkungan akademik baru, yang dapat memengaruhi kesehatan mental mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola stres dan memberikan dukungan psikologis melalui pelatihan manajemen stres dan dukungan psikologis pertama / Psychological First Aid (PFA). 30 mahasiswa kedokteran semester 1 FKK ITS mengikuti pelatihan, yang berlangsung selama dua hari dan total 16 jam. Pelatihan juga dievaluasi melalui pretest dan posttest menggunakan kuesioner. Melalui simulasi kasus, peserta menunjukkan kemampuan yang baik dalam menggunakan strategi PFA dan manajemen stres. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta setelah mengikuti pelatihan (p=0.000). Pelatihan mencakup pemaparan teori dan praktik keterampilan PFA, seperti keterampilan mendengarkan yang aktif, keterampilan komunikasi, keterampilan empati, dan keterampilan bertahan hidup. Dua modul program ber-ISBN dan publikasi di media massa. Kesimpulan dari pengabdian masyarakat adalah bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan kemampuan mahasiswa kedokteran tahun pertama terhadap Psychological First Aid dan Stress Management yang diharapkan lebih siap menghadapi tantangan akademik.

Kata Kunci

Kesehatan mental Mahasiswa kedokteran Pertolongan pertama psikologis Stress management

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Syulthoni, Z. B., Haykal, M. N. ., Eljatin, D. S., Ul Haque, S. A., Rangkuti, R. Y., Fadhlina, A. N., Indriastuti, E., Radiansyah, R. S., Putri, A. I. W., Sari, D. W., Indriani, R. D., Siswanto, P. A., & Mahdi, F. (2025). Pelatihan Psychological First Aid (PFA) dan Stress Management untuk Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama FKK ITS 2024. Sewagati, 9(1). Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/2413

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama