Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemajuan bidang Optik dan Fotonik saat ini sudah mencapai tahapan yang sangat cepat dan luar biasa, dengan berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan. Perkembangan pesat ini telah berkontribusi besar dalam memudahkan dan mensejahterakan kehidupan, serta juga merevolusi perilaku kehidupan manusia saat ini. Sayangnya perkembangan pesat ini kurang didukung oleh materi pembelajaran Optik dan Fotonik di tingkat sekolah menengah, dimana pemahaman kebanyakan guru fisika dan siswa atas perkembangan terkini terlihat sangatlah kurang. Dalam konteks pentingnya kontribusi cahaya dalam berbagai aspek kehidupan manusia inilah UNESCO telah mencanangkan perayaan tahunan Hari Cahaya Internasional (International Day of Light - IDL) yang akan diperingati pada tanggal 16 Mei setiap tahunnya, dengan tujuan utama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum akan peranan dan kontribusi cahaya dan teknologi berbasis cahaya dalam kehidupan keseharian, serta peranan sentralnya dalam perkembangan masyarakat global dimasa mendatang, khususnya pendidikan dan pencerahan sains bagi generasi muda di negara berkembang. Dalam konteks inilah kegiatan pelatihan untuk guru IPA di SMA se-Jawa untuk mengembangkan pembelajaran optik berbasis daring, dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada guru SMA agar dapat menyediakan pembelajaran daring untuk mata pelajaran IPA, khususnya Optik, yang menyenangkan bagi siswa SMA/SMK/ MA.

Kata Kunci

Cahaya International Day of Light Optik dan Fotonik Light-based Technologies

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Taufiq Nasution, A. M. ., Sekartedjo, Hatta, A. M., Setiadi, I. C., Pratama, D. Y. ., Wafi, M. K. ., Septyaningrum, E. ., & Puspita, I. . (2022). Pelatihan Pembelajaran Optik Berbasis Daring untuk Guru IPA SMA/SMK/MA Se-Jawa Timur dalam Rangka Peringatan International Day of Light 2019. Sewagati, 4(1), 33–37. Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/340

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama