Isi Artikel Utama

Abstrak

Kurikulum Merdeka yang saat ini diterapkan berfokus pada pendekatan proyek yang interaktif. Berdasarkan Kurikulum Merdeka pembelajaran energi terbarukan idealnya berbasis praktikum dengan disertai media pembelajaran yang mengilustrasikan implementasi energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun menurut observasi awal, SDN Ajung 01 Kalisat masih memiliki fasilitas yang minim dalam melakukan proses pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang berantusias. Oleh karena itu, pengabdian ini mencoba mengatasi masalah tersebut dengan Energy Experiment Teaching Kit. Dari hasil kuisioner sebagian besar (95%) guru menyatakan bahwa dengan kit energi sangat membantu dalam menjelaskan konsep dan pengetahuan energi terbarukan kepada siswa. Sedangkan dari hasil laporan eksperimen kerja siswa mengindikasikan bahwa siswa mampu memahami secara konseptual, meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan bekerja sama secara tim.

Kata Kunci

Guru Interaktif Kit Energi Terbarukan Media peraga Siswa Teaching kit

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fadhilah, N., Risanti, D. D., Wahyuono, R. A. ., Sawitri, D., Mawarani, L. J. ., Zulkifli, Muharja, M., Arimbawa, I. M., & Raafi’u, B. (2023). Energy Experiment Teaching Kit sebagai Alat Bantu Materi Pembelajaran Energi Terbarukan yang Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Sains Siswa SDN Ajung 01 Kalisat. Sewagati, 7(4), 634–642. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i4.591

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama