Isi Artikel Utama

Abstrak

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional. Keberadaan pendamping bagi siswa ABK memiliki makna yang berarti bagi proses perlindungan dan tumbuh kembangnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan orang tua mengenai pola asuh bagi siswa penyandang disabilitas di Sekolah Shafa Mojokerto. Sebanyak 23 siswa berkebutuhan khusus diberikan asesmen kognitif, sosioemosional dan psikomotor lengkap dengan saran bagi stimulasi tumbuh kembangnya, yang dilakukan oleh psikolog klinis dari Layanan Psikologi Rumah Kumbang. Diantaranya, sebanyak 4 siswa penyandang tuna daksa (cerebral palsy) diberikan asesmen fisik yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dari RSUD Dr. Soetomo. Selain itu juga diberikan penyuluhan mengenai cerebral palsy, pemeriksaan genetik dan pola pengasuhan yang tepat bagi guru dan orang tua siswa. Luaran dari kegiatan PkM yang telah tercapai antara lain tersedianya laporan asesmen psikologis siswa dan peningkatan pengetahuan guru dan orang tua yang dibuktikan dengan peningkatan rerata nilai postest test (80,63+14,36) dibanding pretest (61,88+20,07) secara signifikan (p=0,010). Kesiapan dan kesiagaan guru dan orang tua siswa ABK merupakan kunci sukses penanganan, ditambah dukungan dari masyarakat dan pemerintah dalam menyediakan lingkungan dan fasilitas yang ramah terhadap ABK.

Kata Kunci

Anak Berkebutuhan Khusus Asesmen Psikologi Edukasi Fisioterapi Kesehatan Inklusif Kesejahteraan Anak

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rimbun, R., Yuliawati, T. H., Faizah, Z., Hamidah, B., Amanda, B., Prasetiowati, L., Sari, D. R., Purwantari, K. E., Wungu, C. D. K., Darsini, N., Fepiosardi, R. A., Fathimatuzzahroh, F., & Parmanto, C. M. (2025). Upaya Peningkatan Pola Pengasuhan Guru dan Orang Tua Penyandang Disabilitas di Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) Shafa Mojokerto. ewagati, 9(5), 1214–1227. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i5.8095

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama