Isi Artikel Utama

Abstrak

Proses berpikir kritis dan pembelajaran sains sangat penting diberikan sejak dini pada anak usia sekolah dasar dan menengah. Oleh  karena nantinya siswa akan menjadi calon pemimpin masa depan, maka peningkatan kualitas guru perlu dipersiapkan dengan baik agar kualitas berpikir kritis dan pembelajaran sains siswa bisa setara dengan negara maju. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan guru SMP Sains Tebuireng Jombang dalam penulisan karya ilmiah. Pelatihan ini melibatkan tim dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, mitra pelaksana dari Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia, serta dosen dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Pelatihan ini dilakukan dalam 3 seri, dan hasil pelatihan ini kemudian diimplementasikan dalam lomba poster karya ilmiah. Pelatihan penulisan karya ilmiah yang telah dilakukan terlihat secara efektif mampu meningkatkan pengetahuan para guru dan siswa dalam penyusunan artikel ilmiah. Melihat potensi hasil pelatihan yang baik, maka kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut pada sasaran yang lebih luas lagi di sekolah-sekolah lain di Indonesia.

Kata Kunci

karya ilmiah guru smp sains sekolah menengah

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sakina, S., Prasetiowati, L., Rimbun, Hartini Yuliawati, T., & Khoirul Effendi, M. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN KARYA ILMIAH GURU SMP SAINS TEBUIRENG UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK. Sewagati, 9(1). Diambil dari https://journal.its.ac.id/index.php/sewagati/article/view/2525