Isi Artikel Utama

Abstrak

Fenomena perubahan perilaku belanja masyarakat, menjadi faktor utama dilakukannya pelatihan pemberdayaan usaha kreatif dan inovatif dalam pembuatan makanan ringan aneka kripik ini. Sentuhan kreatifitas dan inovasi dalam produk yang dijual perlu diberikan, agar produk yang ditawarkan menarik minat pembeli dan memiliki jangkauan pemasaran yang luas. Pelatihan pembuatan makanan ringan aneka kripik ini meliputi cara pembuatan makanan ringan dengan berbagai macam rasa, yaitu rasa original, pedas, manis, keju dan barbeque. Dari aspek kreatifitas kami memberikan sentuhan kreatifitas desain packaging serta inovasi pada model pemasaran digital. Mitra pada pelatihan ini adalah 24 orang Ibu-ibu rumah tangga di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Berdasarkan analisa kuisioner terkait kebermanfaatan pelatihan, materi pelatihan, dan kemampuan instruktur, yang disebarkan kepada peserta pelatihan, diperoleh hasil rata-rata sebesar 87,5% merasa puas terhadap pelatihan yang dilakukan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pelatihan ini berhasil dan memberikan manfaat bagi ibu-ibu rumah tangga yang berada di Desa Ceweng.

Kata Kunci

Kreativitas dan Inovasi Pemasaran digital Olahan makanan ringan Pemberdayaan masyarakat

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Minarto, E., Purwanto, A., Hapsari, Y. D., & Faridawati, F. (2023). Pelatihan Pemberdayaan Usaha Kreatif dan Inovatif dalam Pembuatan Makanan Ringan dengan Lima Varian Rasa di Desa Ceweng Diwek Jombang. Sewagati, 8(1), 1221–1228. https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i1.822

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama