Isi Artikel Utama

Abstrak

Guru Penggerak sebagai salah satu komponen utama dalam Program Sekolah Penggerak dalam hal ini agar dapat memaksimalkan perannya, haruslah ditunjang dengan kompetensi yang dibutuhkan. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, objek difokuskan pada Guru untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kondisi nyata menunjukkan bahwa Guru PAUD memiliki variasi yang beragam secara kualifikasi maupun kompetensi. Di sisi lain, Program Sekolah Penggerak menuntut adanya SDM yang kompeten untuk mengimplementasikan pembelajaran paradigma baru berbasis berbagai digital platform dengan tujuan untuk mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang customized. Berkaca pada kebutuhan dan kondisi yang ada, maka diperlukan pelatihan dan pendampingan bagi Guru PAUD utamanya dalam Kompetensi Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK). Pada laporan ini disampaikan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul “Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi bagi Guru Sekolah Penggerak untuk mendukung Pengembangan Pendidikan Daerah secara Berkelanjutan”, dengan lokasi kajian Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kegiatan utama dan penyiapan luaran dilaksanakan pada rentang waktu bulan Mei hingga September 2023.

Kata Kunci

Education for sustainability Guru PAUD Pelatihan TIK Pre-primary education Sekolah Penggerak

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rahmawati, S., Mukhtasor, M., Pratikto, A. ., Ikhwani, H. ., Wardhana, W. ., Zikra, M. ., Pratikno, H. ., Handayanu, H., & Frestiqauli, S. . (2024). Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi bagi Guru Sekolah Penggerak PKG Bunga Harapan Ngoro-Jombang untuk mendukung Pengembangan Pendidikan Daerah secara Berkelanjutan. Sewagati, 8(3), 1590–1597. https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i3.904

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama