Isi Artikel Utama

Abstrak

Beberapa hal yang menjadi permasalahan dari tumbuhnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah masalah terkait kemasan, branding, dan strategi pemasaran. Mayoritas UMKM hanya berfokus pada produksi tanpa memikirkan media kemasan yang menarik pelanggan, mempromosikan produk, dan cara memasarkan produknya secara lebih luas. Permasalahan ini juga ditemukan pada pelaku UMKM di Kabupaten Lumajang. Maka perlu dilaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM untuk membuat desain kemasan produk dan pemasaran produk. Pendampingan kepada UMKM ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM. Desain kemasan produk yang menarik akan meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk UMKM. Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran akan meningkatkan jumlah konsumen. Peningkatan penjualan produk UMKM akan berkorelasi dengan meningkatnya pendapatan UMKM. Sehingga pelaku UMKM dapat menjadi pengusaha yang inovatif, memiliki nilai tambah, berdaya saing tinggi, memperluas lapangan pekerjaan, serta memperluas dan memperkuat relasi.

Kata Kunci

Branding Desain Produk Kemasan Pemasaran UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Soedarso, Utomo, C. ., Suryani, A. ., Endarko, & Ahmad, I. S. (2023). Peningkatan Pendapatan UMKM di Kabupaten Lumajang melalui Pendampingan Kemasan dan Pemasaran Produk. Sewagati, 7(3), 297–305. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i3.466

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama