Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemampuan menulis ilmiah guru masih rendah, dipicu oleh keadaan para guru yang belum memiliki wawasan cukup tentang teknik menulis ilmiah, terutama dalam menyusun artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas (PTK). Beberapa guru diketahui belum mengetahui detail tentang teknis pelaksanaan PTK dan penulisan artikel ilmiah hasil PTK yang sudah dilakukan. Dengan PTK, guru bisa melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan dan bisa mengedukasi guru yang lain dengan kreativitas mengajarnya di kelas. Hal ini dialami oleh bapak dan ibu guru di SMPN 2 Balongbendo. Guru belum mengetahui teknik yang tepat untuk melaksanakan PTK dan memublikasikannya ke dalam artikel ilmiah. Guru pun belum mengenal fitur media pendukung yang bisa digunakan untuk memudahkan guru dalam melaksanakan PTK dan menulis artikel ilmiah. Oleh karena itu tim pengabdian melakukan kegiatan berupa peningkatan profesionalisme guru melalui pendampingan menulis artikel ilmiah hasil penelitian Tindakan kelas dengan media Google Scholar dan Mendeley (GSM). Pada kegiatan ini guru akan didampingi dalam menulis artikel ilmiah hasil PTK hingga bisa submit pada jurnal ilmiah. Hasil pengabdian kepada masyarakat melalui kuesioner dari google form yang telah diisi para guru menunjukkan sebanyak 33,3% menjawab sangat sesuai dan 66,7% menjawab sesuai terkait materi yang telah disampaikan. Sedangkan sebanyak 66,7% menjawab sesuai dan 33,3% menjawab sangat sesuai terkait kesesuaian aplikasi Mendeley dan Google Scholar dalam meningkatkan kemampuan menulis para guru.

Kata Kunci

Artikel Ilmiah Pendampingan menulis PTK Penelitian Tindakan Kelas Media pendukung GSM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sa’diyah, I. ., Hamid, A., Saidan, G. A. K., Zahirah, J. F. ., & Ramadhani, N. E. . (2023). Pelatihan Guru di SMPN 2 Balongbendo Sidoarjo melalui Pendampingan Menulis Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Media Pendukung Google Scholar dan Mendeley (GSM). Sewagati, 7(6), 989–997. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i6.757

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama