Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru Bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Surabaya dalam merancang dan menerapkan asesmen pembelajaran yang interaktif dan inovatif dengan memanfaatkan platform digital seperti Quizziz, Educandy, Wordwall, Canva, Bamboozle, dan Socrative. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya variasi metode asesmen yang digunakan guru, yang umumnya masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan aspek afektif serta psikomotor siswa. Program pelatihan dilaksanakan melalui lima tahapan sosialisasi, pelatihan, implementasi, pendampingan, dan keberlanjutan program. Metode yang digunakan meliputi pelatihan praktik langsung (learning by doing), pendampingan teknis, serta evaluasi menggunakan pretest, posttest, dan kuesioner umpan balik. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa lebih dari 95% guru menyatakan materi pelatihan sangat relevan dengan kebutuhan mereka dan memberikan wawasan baru dalam penyusunan asesmen interaktif. Selain itu, mayoritas guru merasa termotivasi untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam merancang asesmen. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif.

Kata Kunci

Asesmen Pembelajaran yang interaktif dan inovatif Guru Bahasa Indonesia Edukasi digital

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hamid, A., Sa’diyah, I., Muhaimin, A., Putri, A. R. M., & Pascha, D. P. (2025). Evaluasi Pembelajaran yang Interaktif dan Inovatif melalui Pemanfaatan Canva dan Permainan Edukasi Digital untuk Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Surabaya. ewagati, 9(5), 1204–1213. https://doi.org/10.12962/j26139960.v9i5.7881

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama